Proklim Rohil Terbaik se-Sumatera

Selasa, 04 Desember 2018 23:54:00
BAGIKAN:
Istimewa
RIAUPEMBARUAN.COM - Program Kampung Iklim (ProKlim) telah diluncurkan sebagai gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Tanggal 1 Desember 2016. ProKlim yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012, bertransformasi dari memberikan apresiasi terhadap wilayah administratif paling rendah setingkat RW/dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan/desa, menjadi mendorong dan memfasilitasi tumbuhnya Kampung Iklim melalui pengayaan inovasi program adaptasi maupun mitigasi perubahan iklim yang dilaksanakan secara kolaborasi antara pemerintah (Party) dengan “Non Party Stakeholder”.
 
Selain itu kriteria lokasi ProKlim juga diperluas mencakup wilayah yang masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi secara berkesinambungan, seperti komunitas pondok pesantren, perguruan tinggi, dan lain-lain. Hal ini juga sebagai wujud pelaksanaan Perjanjian Paris dimana Pemerintah RI telah meratifikasinya menjadi Undang-Undang No 16 tahun 2016 tentang Persetujuan Paris atas Konvensi Kerangka Kerja PBB mengenai Perubahan Iklim.
 
Landasan hukum ProKlim adalah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.84/MenLHK-Setjen/Kum.1/11/2016 tentang Program Kampung Iklim, dan telah ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Peraturan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Nomor: P.1/PPI/SET/KUM.1/2/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Kampung Iklim.
 
 
Langkah itulah yang mendorong komitmen Pemkab Rohil untuk memperbaiki desa-desa yang ada diseluruh Rohil agar bisa menjaga lingkungan setempat. Pemerintah mengajak masyarakat di desa untuk selalu membangun.Program pemerintah tersebut diturunkan secara iklhas oleh Pemerintah Rokanhilir dan hasilnya pemerintah pusat memberikan apresiasi dan reward untuk ke 9 Kalinya. 
 
Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menerima penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Penghargaan ini diberikan atas prestasi serta dukungan Pemkab Rohil dalam membina wilayah kepenghuluan/kelurahan untuk melaksanakan Program Proklim diwilayah Dusun dan RT/RW di Kabupaten Rokan Hilir.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil, Suwandi SSos mengutarakan penghargaan diterima oleh Pemkab Rohil pada Oktober 2018 lalu diterima langsung oleh Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin di Auditorium Manggala Wanabakti KLH Jakarta. “Rokan Hilir Satu-satunya daerah yang memperoleh penghargaan Proklim utama untuk wilayah Sumatera,yakni satu lokasi yang berada di Dusun Cibaliung Kepenghuluan Balai Jaya Kecamatan Balai Jaya Rohil,” kata Suwandi.
 
Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Bupati Rohil atas dedikasi dan dukungannya dalam membina proklim ini yang diterima oleh Wakil Bupati Drs Jamiludin. Dengan diterimanya piagam penghargaan Proklim ini secara bertutut-turut dapat memberikan motifasi kepada seluruh kepenghuluan yang ada di Rohil yang dimulai dari lingkungan rumah tangga, tingkat RT, Kepenghuluan, sekolah, Kantor dan perusahaan untuk terus melakukan penghijauan serta menjaga kebersihan lingkungan. “Dicanangkannya Rohil menjadi Kabupaten Adiwiyata juga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan lingkungan rumah menjadi kawasan hijau yang produktif, bernilai ekonomi, bersih serta sehat,” Terangnya.
 
 
Dijelaskanya lagi Kabupaten Rohil secara berturut-turut mendapatkan piagam penghargaan proklim ini sejak Tahun 2012 sampai sekarang 2018,dan Penghargaan Proklim ini sudah didapatkan Rokan Hilir secara berturut-turut sejak Tahun 2014 sampai 2018. “Pada Tahun 2017 kita mengajukan 9 lokasi dan berhasil mendapatkan 3 penghargaan,sementara Tahun 2018 kita mengajukan 6 lokasi dan berhasil mendapatkan 1 penghargaan,” Jelas Suwandi.
 
Wabup Rohil Drs Jamuludin mengatakan penghargaan diberikan atas prestasi serta dukungan pemerintah daerah dalam membina wilayah kepenghuluan/kelurahan dusun dan Rt/Rw dalam meminimalisir pemanasan global. Selain itu diharapkan sanggup menghadapi perubahan iklim yang ekstrim dan terus dilakukan. "Beberapa upaya di antaranya melalui pembuatan biopori, sumur resapan, penghijauan dalam lahan terbatas, menjaga lingkungan bersih, pengolahan sampah rumah tangga menjadi kompos, hingga lubang resapan biopori," kata Wabup.
 
Program kampung iklim tahun 2012, Kabupaten Rokan Hilir sudah mendapatkan penghargaan 9. Proklim utama, yakni tahun 2012 ada 1 lokasi, kemudian tahun 2015 ada 1 lokasi, selanjutnya tahun 2016 ada 3 lokasi, dan tahun 2017 ada 3 lokasi, terakhir tahun 2018 ada 1 lokasi.
 
(Adventorial)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Pemprov Riau dan Pemkab Rohil Tabur Benih Ikan Baung di Sungai Rokan

    RIAUPEMBARUAN.COM - Realisasi program pengadaan 58 ribu ekor bibit ikat baung di Rohil tersebut telah ditabur secara langsung
  • Pemkab Rohil Berdayakan Produk Unggulan Masyarakat

    RIAUPEMBARUAN.COM - Kecamatan Bagan Sinembah kembali menjadi pelopor di Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini dibuktikan dengan
  • Pemerintah Bangkitkan Potensi Perikanan Kabupaten Rohil

    RIAUPEMBARUAN.COM - Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov Riau) telah memprogramkan pengadaan bibit ikan baung di Kepenghuluan Ran
  • Pemkab Rohil Lakukan Percepatan Pembangunan Wilayah Pesisir

    RIAUPEMBARUAN.COM - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) kini sedang bersolek dengan banyak pembangunan saranan dan prasaranan infras
  • KOMENTAR
    situspoker situspoker