• Home
  • Ekonomi
  • Energi Terbaru Penggerak Generasi Milineal

Energi Terbaru Penggerak Generasi Milineal

Rabu, 10 Oktober 2018 13:45:00
BAGIKAN:
Istimewa
Pemaparan Arief Nurrachman Head Sales PGN Area Pekanbaru - Dumai saat Kunjungan Walikota Dumai Zulkifli AS bersama Wawako Dumai Eko Suharjo mengunjungi Stand PGN dalam rangka HUT Kota Dumai ke 19 dan Dumai Expo 2018.
GENERASI milineal dituding atau disebut Gen Y sebagai penyebab kematian banyak industri, sehingga banyak dijadikan terkenal melalui internet. Hampir setiap hari, tampaknya, media muncul dengan tajuk berita bahwa sebuah industri menjadi korban disrupsi Gen Y.
 
Hal itu tidak untuk industri teknologi terbaru Gas Bumi, salah satu tugas utama generasi Millenial Indonesia adalah menciptakan kemandirian di bidang energi dalam jangka panjang.
 
Dan berkaitan dengan hal tersebut, maka Indonesia harus mampu memanfaatkan segala potensi yang ada dari generasi milineal demi peningkatan daya saing dan energi menjadi salah satu unsur penunjangnya.
 
Industri penyumbang devisa negara melalui Badan Usaha Milik Negara, salah satunya Perusahaan Gas Negara karena tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah. 
 
Sebagai salah satu BUMN yang berkaitan dengan sektor energi, tentu saja PGN memainkan peran yang cukup vital dalam pemenuhan kebutuhan energi, khususnya gas dalam negeri di zaman generasi milineal.
Beberapa pertanyaan diajukan kepihak PGN melalui Arief Nurrachman Head Sales PGN Area Pekanbaru - Dumai membeberkan Energi Terbaru dan Generasi Milineal.
 
Peran penting Generasi Milineal terhadap Industri Gas Bumi?
 
Gas Bumi merupakan energi alternatif yang mempunyai banyak kebaikan. Di satu sisi, gas bumi digali dari perut bumi milik kekayaan negara. Sisi lainnya, penggunaan gas bumi tak menimbulkan efek emisi. Poin-poin tersebut penting bagi generasi milenial yang merupakan 'Gadget minded' untuk memperluas kampanye pengunaan gas bumi yang ramah lingkungan serta menjaga kepentingan nasional.
 
Tugas Utama PGN terhadap Generasi milineal?
 
Menurut Arief, Tugas utama PGN selaku perusahaan negara yang didorong sebagai salah satu pilar atau motor pembangunan perekonomian nasional, saat ini tentunya menjaga kinerja perusahaan tetap maju. Biar bagaimanapun, kelak PGN adalah warisan bagi generasi milineal yang terus tumbuh di masa mendatang.
 
Di sisi lain, mengingat PGN mempunyai sektor bisnis yang cukup cerah di masa depan, kami berkewajiban melakukan edukasi dan mendorong lembaga pendidikan untuk selalu sinergi. Karena dari lembaga pendidikan, kelak SDM berkualitas dihasilkan sebagai penyangga laju perusahaan dimasa depan. Itulah tugas-tugas kami kepada generasi sekarang yang akrab diistilahkan sebagai generasi milenial.
 
Manfaat Gas Bumi di Generasi Milineal?
 
Lanjutnya, Gas Bumi merupakan sumber energi yang berlimpah di Bumi Pertiwi. Tidak banyak pengelola dan pemanfaatan gas bumi tersebut. PGN sebagai badan usaha di  bisnis gas bumi, meyakini bahwa di masa mendatang diversifikasi bahan bakar akan terus dilakukan. Terdapat dua hal yang mendorong tren penggunaan bahan bakar, yaitu cadangan minyak yang kian menipis dan permasalahan lingkungan.
 
"Sebaliknya, gas bumi masih merupakan harta kekayaan yang dimiliki republik ini. Dengan mengakrabkan penggunaan gas bumi bagi generasi milenial, diharapkan pada masa mendatang, pasokan gas bumi lebih banyak dimanfaatkan bagi pembangunan sektor perekonomian dalam negeri," harap Arief.
 
Minat Pengguna Gas Bumi Generasi Milineal?
 
Sejauh ini, berkat penetrasi pasar yang dilakukan PGN, penggunaan gas bumi di kalangan generasi milenial cukup luas. Dengan kemudahan akses pengetahuan, informasi pelayanan yang disajikan PGN, generasi milenial menjadi lebih paham dan mudah sebagai konsumen ataupun calon konsumen.
 
"Belum lagi jika dihitung dengan banyaknya pembangunan kawasan pemukiman anyar di mana pihak pengembang kini mulai banyak menawarkan pelayanan gas bumi dengan jaringan pipa," ujar Arief.
 
Bagaimana pihak PGN Kampanye Energi pada Generasi Milineal?
 
Sejauh ini, kampanye penggunaan gas bumi kepada generasi milenial masih merupakan bagian dari strategi edukasi dan komunikasi yang dijalankan perusahaan secara simultan. Lewat beragam platform digital, PGN telah menyajikan fakta dan beragam kisah yang menarik terkait penggunaan gas bumi.
 
"Kami optimistis kampanye tersebut tersampaikan dengan baik kepada generasi milenial. Hal ini tercermin dari terus meningkatnya penggunaan gas bumi di berbagai segmen yang tak lain adalah pengaruh distribusi informasi melalui saluran digital," tegas Arief.
Terpisah, Walikota Dumai Zulkifli AS mendukung kehadiran PGN di Dumai, saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu, Zulkifli mengharapkan kehadiran PGN menjadi pemicu pertumbuhan investasi bagi Kota Dumai. 
 
"Kami berharap Kota Dumai bisa menjadi destinasi investasi perusahaan-perusahaan lain dengan adanya energi gas bumi yang ramah lingkungan dan efisien, serta diharapkan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Dumai," kata Zulkifli.
 
Menurut orang nomor satu di Kota Dumai ini, pemakaian gas bumi untuk rumah tangga memang belum terlalu umum. Masyarakat masih lebih akrab dengan elpiji. Selain karena sosialisasi dan belum banyak infrastruktur yang mendukung distribusi gas bumi.
 
"Jadi, wajar saja kalau masyarakat masih menggantungkan dapurnya kepada gas elpiji. Zaman generasi milineal ini, gas bumi digadang-gadang lebih hemat dibanding elpiji. Selain bisa dimanfaatkan buat rumah tangga, gas bumi juga bisa menekan biaya operasional industri dan sangat membantu perekonomian," ungkap Zul AS sapaan akrabnya.
 
Selain Dumai, PGN juga sedang mengembangkan infrastruktur pipa transmisi gas bumi West Natuna Transmission System (WNTS) ke Pulau Pemping, Provinsi Kepulauan Riau dan pipa distribusi gas bumi di Muara Karang-Muara Bekasi sepanjang 42 km.
 
"Data saat ini, PGN telah membangun dan mengoperasikan infrastruktur pipa gas bumi sepanjang 7.453 km atau setara 80 persen pipa gas bumi hilir seluruh Indonesia. Meski terus membangun proyek infrastruktur jaringan gas bumi, PGN tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," terang Walikota Dumai.
 
Dari infrastruktur tersebut, PGN mengalirkan gas ke 1.730 pelanggan industri dan pembangkit listrik, 1.964 pelanggan komersial atau hotel, restoran, dan rumah makan, usaha kecil. PGN juga mengalirkan gas ke 199.403 pelanggan rumah tangga. Pelanggan PGN ini tersebar di 19 kota di 12 provinsi.
 
Penulis: Rezi Andika Putra
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Akhir 2018, Masyarakat Dumai Akan Nikmati Gas Bumi PGN

    RIAUPEMBARUAN.COM - PT Perusahaan Gas Negara Tbk kembali melakukan sosialisasi proyek PGN Sayang Ibu di Kota Dumai, Riau. Proyek PGN

  • Kecelakaan Kerja, Pekerja Pipa Gas Dumai-Duri Tewas

    Pekerja PT Wahana yang mengerjakan sambungan pipa gas di Jalan Soekarno-Hatta tepatnya di depan SMA Negeri 1 Bukit Jin Dumai meninggal dunia akib

  • PGN Sayang Ibu Siapkan Percontohan 100 Sambungan Gas Rumah di Dumai

    RIAUPEMBARUAN.COM - PT Perusahaan Gas Negara, Tbk (PGN) pamerkan program PGN Sayang Ibu. Program pemasangan satu juta sambu

  • Walikota Zulkifli AS Dorong PGN Tingkatkan Investasi di Dumai

    RIAUPEMBARUAN.COM - Wali Kota Dumai Zulkifli As mendorong kehadiran PT Perusahaan Gas Negara jadi pemicu pertumbuhan investasi dan ekonomi daerah dengan pe
  • KOMENTAR
    situspoker situspoker