• Home
  • Ekonomi
  • Kemenku Sebarkan Ide Pengelolaan Dana Desa

Kemenku Sebarkan Ide Pengelolaan Dana Desa

Selasa, 13 Maret 2018 19:17:00
BAGIKAN:
Net -Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - Kementerian Keuangan melakukan diseminasi atau penyebaran gagasan mengenai dana desa ke 71 daerah. Diseminasi dalam rangka untuk memberikan pemahaman mengenai perencanaan hingga pelaporan dana desa dalam mendukung program padat karya tunai.

Menurut Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Boediarso Teguh Widodo, hal itu dilakukan untuk mempercepat penyaluran dana desa tahap pertama.

"Kami memberikan pemahaman mengenai perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pelaporan penggunaan dana desa," ujarnya, mengutip Antara, Selasa (13/3).

Realisasi penyaluran dana desa dari rekening kas umum negara (RKUN) ke rekening kas umum daerah (RKUD) sampai dengan 12 Maret 2018 tercatat sebesar Rp7,03 triliun, yang terdiri dari penyaluran tahap I Rp7 triliun dan tahap II Rp35,43 miliar.

Realisasi penyaluran tahap I mencapai 58,3 persen dari pagu penyaluran dana desa tahap I yang sebesar Rp12 triliun.

Sementara itu, penyaluran dana desa tahap I untuk 174 daerah lain belum dapat dilakukan lantaran pemerintah daerah belum menyampaikan Peraturan Kepala Daerah tentang Tata Cara Pembagian dan Penetapan Rincian Dana Desa setiap Desa.

Adapun, realisasi penyaluran dana desa tahap II baru mencapai 0,15 persen dari pagu Rp24 triliun. Realisasi penyaluran tersebut mencakup satu daerah, yaitu Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, untuk 126 desa.

Dari dana desa sudah disalurkan ke RKUD tersebut, baru sekitar Rp527 miliar (7,36 persen) yang telah disalurkan ke rekening kas desa (RKD) untuk 41 daerah dan 3.155 desa.

Faktor yang memengaruhi rendahnya penyaluran dari RKUD ke RKD terutama karena belum semua pemerintah desa menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sebagai syarat penyaluran tahap I dari RKUD ke RKD.

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • 8 Saksi Pokja ULP Dan PUPR Bengkalis di Periksa KPK

    RIAUPEMBARUAN.COM - KPK lanjutkan pemeriksaan terkait kasus dugaan korupsi proyek peningkatan Jalan Batu Panjang-Pangkalan

  • Geledah Rumah Terduga Teroris, Sejumlah Barang Disita Polisi di Dumai

    RIAUPEMBARUAN.COM - Aparat Polres Dumai menyita sejumlah buku dari rumah orangtua terduga teroris berinisial AN, Rabu (16/5

  • Empat Teroris Dilumpuhkan Merupakan Warga Dumai, Riau

    RIAUPEMBARUAN.COM - Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto membeberkan identitas empat pelaku teror yang menyerang Polda Ria

  • Seorang Personil Polda Riau Tewas Ditabrak Mobil Teroris

    RIAUPEMBARUAN.COM - Penyerangan Mapolda Riau oleh sekelompok teroris menyebabkan seorang personil Polda Riau tewas akibat d

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker