• Home
  • Info Sawit
  • Diperkirakan 2019, Serapan CPO Untuk Biodisel 6 Juta Ton

Diperkirakan 2019, Serapan CPO Untuk Biodisel 6 Juta Ton

Selasa, 04 Desember 2018 10:47:00
BAGIKAN:
Net - Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - Perluasan mandatori biodiesel 20% (B20) kepada non-PSO sejak diberlakukan September 2018 mulai menampak hasil positif berupa meningkatnya serapan minyak sawit (CPO) di dalam negeri untuk biodiesel sawit.

Dari laporan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) yang diterima InfoSAWIT belum lama ini, sebelumnya serapan biodiesel dari Januari – Agustus hanya dikisaran 215 – 290 ribu ton per bulan, sejak September sudah mencapai 400 ribu ton dan pada Oktober ini mencapai 519 ribu ton.

“Pergerakan positif penyerapan CPO untuk biodiesel di dalam negeri tentunya membawa dampak pada stok CPO di dalam negeri. Apalagi saat ini implementasi perluasan B20 belum maksimal, perbaikan di sana sini sedang dilakukan, diharapkan dalam beberapa bulan ke depan serapan biodiesel akan maksimal,” kata Direktur Eksekutif GAPKI, Mukti Sardjono.

Salah satu perbaikan yang sedang dikerjakan adalah menurunkan jumlah titik serah FAME ke Pertamina dari 112 titik ke 25 titik saja. Jika serapan sudah maksimal maka diperkirakan tahun 2019 industri biodiesel akan menyerap 6 juta ton CPO.

Optimisme Indonesia akan menjalankan B30 pada 2020 juga sangat kuat. Awal tahun 2019, roadtest untuk B30 akan dilaksanakan. Dengan serapan CPO yang semakin tinggi di dalam negeri, pasokan ke pasar global akan dapat berkurang.

Editor: Suhadi

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Petani Sawit Terpukul Kejatuhan Harga CPO

    RIAUPEMBARUAN.COM - Petani swadaya terpukul akibat harga minya sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO)  yang terus mengalami

  • Produksi Minyak Sawit Nasional Capai 4,51 Juta Ton

    RIAUPEMBARUAN.COM - Dari laporan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), yang diterima InfoSAWIT, belum lama ini

  • Syamsuar Panen Perdana Kebun Sawit Rakyat di Siak

    RIAUPEMBARUAN.COM - Para petani kelapa sawit yang tergabung dalam KUD Mulus Rahayu di Provinsi Riau melakukan panen perdana

  • Minyak Goreng Sawit Curah Bakal Dihilangkan Dari Pasar

    RIAUPEMBARUAN.COM - Pada pertengahan Agustus 2018 lalu, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan mengapresiasi langkah PT

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker