• Home
  • Inhu
  • 4000 Rumah di Inhu Korban Banjir

4000 Rumah di Inhu Korban Banjir

Rabu, 07 November 2018 14:40:00
BAGIKAN:
Detikcom

RIAUPEMBARUAN.COM - Tidak hanya di Kabupaten Kuansing saja yang dilanda banjir saat ini. Kini menyusul Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau juga mengalami hal yang sama. Ribuan rumah terdampak banjir luapan sungai Indragiri.

"Dari data yang kita terima, ada 11 kecamatan di Inhu saat ini dilanda banjir. Tercatat lebih dari 4.000 rumah warga menjadi korban banjir," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger kepada detikcom, Rabu (7/11/2018).

Edwar menyebutkan sejumlah kecamatan yang dilanda banjir. Kecamatan, Lubuk Batu Jaya, Peranap, Rakit Kulim, Batang Peranap, Kelayang, Sei Lala, Pasir Penyu, Rengat, Kuala Cinako, Rengat Barat dan Kecamatan Lirik.

"Di Kecamatan Pasir Penyu ada 1 SMP dan sati Pos Kesehatan yang terdampak banjir," kata Edwar.

Namun demikian, kata Edwar, masyarakat belum ada yang mengungsi akibat banjir tersebut. Sebab, sebagian besar rumah warga yang berada di bantara sungai Indragiri berbentuk panggung.

"Tim BPBD setempat hanya membangun renda di dataran yang tidak terkena banjir. Jadi warga hanya datang ke tenda untuk sekesar duduk-duduk saja. Mereka belum mengungsi," kata Edwar.

Menurut Edwar, ketinggian permukaan air yang menggenangi pelataran rumah warga antara 65 cm sampai 1 meter. Sejumlah akses jalan di desa juga tergenang air.

"Kita bersama BPBD Inhu terus memantau lokasi banjir tersebut. Tim di lapangan tetap stanby dan siap untuk membantu warga," kata Edwar.

Edwar menyebutkan, masyarakat diminta tetap waspada. Mengingat curah hujan masih tetap tinggi. Apa lagi bagian hulu sungai berada di Sumatera Barat.

"Boleh jadi tempat kita tidak turun hujan, tetapi di hulu sungai turun hujan. Jadi meluapnya sungai Indragiri ini tetap dipengaruhi bagian hulunya," tutup Edwar.

Editor: Iskandar M

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Bupati Mursini Salurkan Bantuan Banjir Kuansing

    RIAUPEMBARUAN.COM - Kepedulian terhadap warga yang terdampak kepada warga Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing.red) yang te

  • Taman Bunga Replika Istana Kerajaan Indragiri Inhu Viral di Medsos

    RIAUPEMBARUAN.COM - Sejak dua pekan terakhir, taman bunga Replika Istana Kerajaan Indragiri yang terletak dikawasan Danau R

  • Sehari, Dua Balita Jadi Korban Tenggelam di Banjir Inhu

    RIAUPEMBARUAN.COM - Musibah banjir yang terus meluas di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menelan dua korban jiwa, dalam satu

  • Banjir Kembali Rendam Puluhan Rumah Warga Kuansing

    RIAUPEMBARUAN.COM - Banjir yang melanda Kuansing di sepanjang aliran Sungai. Sabtu malam sempat mengalami penyusutan sediki

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker