• Home
  • Kesehatan
  • 1.348 Ekor Hewan Penular Rabies di Bengkalis Divaksinasi

1.348 Ekor Hewan Penular Rabies di Bengkalis Divaksinasi

Senin, 15 Oktober 2018 19:44:00
BAGIKAN:
Riauterkinicom

RIAUPEMBARUAN.COM - Dari target 2.000 ekor yang diberikan vaksinasi pada kegiatan Hari Rabies Sedunia 2018 serentak mulai dari 25-30 September di Bengkalis terealisasi 1.348 ekor.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian (Distan) melalui Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan (Keswan), Bengkalis, H. M. Mardani, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin (15/10/18).

Jumlah hewan yang divaksin terbanyak adalah anjing dan disusul kucing. Untuk di Pulau Bengkalis jumlah terbanyak adalah hewan jenis kucing. Vaksinasi selain dari memperingati Hari Rabies Sedunia sendiri juga upaya membebaskan kembali Pulau Bengkalis dari Rabies.

"Di Pulau Bengkalis, targetnya adalah hewan anjing namun ketika realisasi paling dominan adalah kucing sebanyak 54 persen," terang pria yang akrab disapa Heni ini.

Untuk cakupannya, menurut Heni, petugas akan tetap melayani permintaan vaksinasi oleh masyarakat terhadap hewan peliharaan. Pelaksanaan vaksinasi tidak hanya terkait hanya dengan kegiatan Hari Rabies saja.

"Oleh karena itu kita meminta peran aktif dari masyarakat untuk terus melakukan vaksinasi hewan peliharaannya dan datang langsung ke Puskeswan yang ada," katanya lagi.

Hingga September tahun 2018, dilaporkan tiga hewan terduga sudah tertular. Berdasarkan dari hasil konfirmasi dan laboratorium, tanda klinis positif Rabies jenis hewan anjing liar di wilayah Kecamatan Mandau ada dua ekor dan Pinggir ada satu ekor. Sedangkan untuk wilayah Pulau Bengkalis tidak ada ditemukan.

Vaksinasi Rabies bisa dilakukan pada hewan penularan minimal satu tahun sekali diulang pada tahun kemudian. Satu hewan mendapat vaksin dua kali dalam seumur hidup sudah cukup umur minimal tiga bulan keatas. Dan selama ini proses vaksinasi ini tidak ditemukan efek samping terhadap hewan peliharaan dan aman untuk digunakan.

Editor: Suhadi

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Ayah Gagahi Anak Kandung, Jaksa Brngkalis Tuntut 20 Tahun Penjara

    RIAUPEMBARUAN.COM - JA Bin Karnaen (47) terdakwa kasus pencabulan terhadap anak kandungnya sendiri yang terjadi di Kabupate

  • Pria Asal Dumai Ditemukan Membusuk di Perumahan Kantor Camat Bantan, Bengkalis

    RIAUPEMBARUAN.COM - Innalillahi wainnaa ilaihi rooji'un, sesosok mayat ditemukan di salah satu rumah dinas di kompleks

  • Heboh, Warga Siak Kecil Bengkalis Temukan Bayi Terbungkus Plastik

    RIAUPEMBARUAN.COM - Warga Desa Sungai Siput, Kecamatan Siakkecil, Kabupaten Bengkalis mendadak heboh dan geger. Seorang bay

  • Ribuan Pengunjung Hadiri Festival Pantai Rupat di Pantai Teluk Rhu

    RIAUPEMBARUAN.COM - Dalam agenda tahunan Festival Pantai Rupat yang ditaja Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (D

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker