Mahasiswa Unisi Tembilahan Gelar Donor Darah

Sabtu, 10 Maret 2018 11:44:00
BAGIKAN:

RIAUPEMBARUAN.COM - Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Brigade Mahasiswa Pecinta Alam (Brimaspala) Universitas Islam Indragiri (UNISI) menggelar donor darah massal secara sukarela di Lapangan FKIP UNISI Jalan Soebrantas, Tembilahan, Sabtu (10/3/2018).

Kegiatan tersebut berlangsung dalam rangka aksi sosial Brimaspala UNISI yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Indragiri Hilir (Inhil) yang dimeriahkan oleh kalangan mahasiswa dan umum.

Saat itu, kegiatan dibuka resmi oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan kerjasama Ilyas S.Kom M.Kom dan dihadiri Ketua Formadiksi Unisi Alex beserta wakilnya, anggota PMI Kabupaten Inhil, Dokter Umum Puskesmas Gajah Mada dr Nia Kurnia, anggota Tunas Brimaspala, Mahasiswa Unisi, Civitas Akademika dan masyarakat umum lainnya.

"Semoga kegiatan ini terus berlanjut, karna saat ini minimnya kebutuhan darah di Inhil. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang membutuhkan darah untuk keperluan kesehatan," harap Wakil Rektor III.

Senada, Ketua Pelaksana kegiatan, Sukmawati juga menuturkan hal yang serupa. Bahkan katanya, kegiatan ini untuk aksi kemanusiaan sebagai bukti bahwa mahasiswa untuk masyarakat, mahasiswa selalu ada dan ikut serta dalam segala kegiatan yang membutuhkan bantuan sosial serta lainnya.

Ia menjelaskan, tujuan utama aksi sosial tersebut adalah selain membantu meningkatkan ketersediaan darah di PMI juga mendorong gaya hidup sehat masyarakat melalui donor darah.

“Tujuan utama kegiatan sosial ini adalah meningkatkan kesadaran pentingnya melakukan donor darah. Tujuan lainnya, adalah membantu Palang Merah Indonesia untuk mendapatkan lebih banyak stok darah dan mendorong gaya hidup sehat bahwa mendonorkan darah secara teratur itu penting karena membuat orang menjadi lebih sehat," katanya.

Sementara itu, Dokter Umum PMI, Nia Kurnia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Brimaspala UNISI atas pelaksanaan kerjasama kegiatan donor darah tersebut, sebab kegiatan seperti itu memang diharapkan terus terlaksana demi menambah stok darah untuk pasien yang membutuhkan.

"Pada saat ini kebutuhan darah di Kabupaten Inhil sebanyak 600 kantong setiap bulannya, sementara di PMI sering kehabisan kantong darah. Maka dari itu, PMI mengadakan Donor Darah Sukarela (DDS) di setiap daerah, setiap kantor dan Universitas, PT dan lainnya. Dan itulah yang dapat membantu pihak PMI untuk mendapatkan darah," imbuhnya.

Penulis: Sahputra Wahyunatra

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Longsor lagi, Satu Rumah Warga Kuala Enok, Inhil Rusak

    RIAUPEMBARUAN.COM - Musibah longsor kembali terjadi di Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Selasa (13/11/18) sekir

  • Meningkat di Tahun Ini, Diskes Inhil Temukan 159 Suspect DBD

    RIAUPEMBARUAN.COM - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mengalami peningkatan cukup signifikan di tahun 2018 ini, dimana Dina

  • Akhir November 2018, Bupati - Wakil Bupati Inhil Terpilih Dilantik

    RIAUPEMBARUAN.COM - Jika tidak ada halangan, 22 November 2018, Bupati dan Wakil Bupati Inhil terpilih M Wardan dan Syamsudin U
  • Seorang Isteri di Kemuning, Inhil Tewas Ditikam Suami

    RIAUPEMBARUAN.COM - Seorang isteri tewas setelah ditikam suaminya dengan badik, Senin (5/11/18) sekira pukul 12.30 WIB.

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker