• Home
  • Maritim
  • Gelapkan Uang Umroh, PT JPW Dituntut 4 Tahun Penjara

Gelapkan Uang Umroh, PT JPW Dituntut 4 Tahun Penjara

Selasa, 15 Mei 2018 09:45:00
BAGIKAN:

RIAUPEMBARUAN.COM - Muhammad Yusuf Johansyah, pemilik perusahaan travel PT Joe Pentha Wisata (JPW). Dijatuhi tuntutan hukuman maksimal oleh jaksa penuntut Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau.

Pria tambun yag didakwa jaksa melakukan penipuan dan penggelapan dana nasabah jemaah umroh seniliai miliaran rupiah melalui perusahaannya itu. Terbukti melanggar Pasal 378 tentang tindak pidana penipuan.

Berdasarkan amar tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Syafril SH dan Zurwandi SH, yang dibacakan dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Senin (14/5/18) malam. JPU menilai tidak ada hal hal yang meringankan bagi terdakwa Johansyah.

Dengan demikian, jaksa pun menjatuhkan tuntutan kepada terdakwa hukuman pidana penjara selama 4 tahun.

Atas tuntutan hukuman tersebut, dihadapan majelis hakim yang diketuai Toni Irfan didampingi hakim anggota Sorta Ria Neva dan Abdul Aziz SH. Terdakwa akan mengajukan pembelaan pada sidang berikutnya pekan depan.

Seperti diketahui, Perbuatan terdakwa ini terjadi tahun 2016 hingga 2017 lalu. Dimana perusahaan travel milik terdakwa melayani paket perjaanan umroh dengan biaya keberangkatan Rp 23,5 juta per orang.

Setelah warga yang ingin umroh ke tanah suci mendaftarkan diri dan membayar biaya perjalanan sesuai ketentuan dari pihak perusahaan. Namun, ratusan orang jamaah yang dijanjikan berangkat tak kunjung jua diberangkatkan. Sehingga sebanyak 151 jamaah telah dirugikan oleh terdakwa. Dana milik jamaah umroh yang telah disetorkan sebesar Rp3,9 miliar tak dapat dikembalikan.

Atas perbuatannya, terdakwa dijerat Pasal 378 jo Pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan.

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:
KOMENTAR
situspoker situspoker