• Home
  • Maritim
  • Penyerangan Mapolda Riau, 7 Orang Warga Dumai Diperiksa

Penyerangan Mapolda Riau, 7 Orang Warga Dumai Diperiksa

Kamis, 17 Mei 2018 14:03:00
BAGIKAN:

RIAUPEMBARUAN.COM - Polda Riau kini tengah mendalami 7 orang yang diduga terlibat kelompok teroris yang menyerang Mapolda Riau, Rabu (16/05/18) pagi. Pengembangan ini dilakukan di wilayah Dumai.

Kepada media Wakapolri Komjen Syafruddin mewakili Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi Kapolda Riau, Inspektur Jenderal Nandang tang kunjungi Riau pasca terjadinya insiden penyerangan di Mapolda Riau mengungkapkan pihaknya telah berhasil mengidentifikasi pelaku yang diduga teroris. Dimana dalam pengembangannya terdapat sekitar 7 orang yang diduga terlibat dalam kelompok ini.

"Kita masih dalam prengembangan serta mendalami kasus ini. Terdapat sekitar 7 orang yang kita duga terlibat kelompok ini di wilayah Dumai," katanya kepada media.

Menurutnya, kelompok ini ada indikasi satu jaringan dengan kelompok teroris yang melakukan aksi bom bunuh diri di wilayah Surabaya beberapa waktu lalu. Namun, pihaknya saat ini masih melakukan pendalaman terkait hal tersebut.

"Untuk nama jaringan, kelompok-kelompok ini bisa saja mengaku dari berbagai istilah. Namun yang penting bagi kita adalah kekompakan dan kewaspadaan, serta ketenangan masyarakat yang kita fokuskan," bebernya.

Dalam pemaparannya, Wakapolri menekankan baik Polri dan TNI terus menjaga profesionalisme dalam bertugas. Menurutnya, jika sudah profesional maka kesiagaan, kewaspadaan selalu terjaga. "Dalam serangkaian insiden berskala tinggi yang hampir terjadi dalam waktu 9 hari dan menyasar pihak aparat kemanan baik Polri dan TNI oleh kelompok tertentu ini kita mengaharapkan personel tetap menjunjung tinggi profesionalisme. Bahkan ini harus diterapkan di seluruh polda, polsek serta jajaran kemanan lainnya. Bukan siaga, sebab kata siaga justru akan menumbuhkan rasa takut di kalangan masyarakat.

"Kita juga berharap masyarakat tetap tenang dan waspada dengan adanya kejadian ini. Jangan panik, karena kami Polri dan TNI mampu mengatasi hal ini. Yang kita butuhkan adalah keutuhan dan kewaspadaan selalu dijaga," terangnya.

Diluar itu, Kabid Humas Polda Riau, Sunarto menjelaskan pihaknya saat ini telah berhasil mengidentifikasi 4 mayat terduga teroris yang berhasil dilumpuhkan Polda Riau. Diantaranya yakni Pg tewas di TKP 2, AS di TKP 1, Mu divTKP 3 dan diTKP terakhir yakni SR.

"Keempat mayat ini masih berada di RS Bayangkara Pekanbaru. Selain itu setalah melakukan identifikasi kita tidak ada menemukan bahan peladak yang di bawa oleh komplotan ini. Memang ada serangkaian kabel yang dililitkan di salah satu badan tersangka namun itu hanya seperti kamuflase saja," bebernya.

Bahan peledak juga tidak ditemukan dalam kendaraan yang dibawa oleh komplotan ini. Kepolisian hanya menyita berbagai senjata tajam seperti 3 samurai, sangkur bertuliskan maryam, satu gulung bendera hitam, pisau lipat, badik kecil, satu unit mobil Avanza, STNK atas nama SH, Jam tangan Casio, secarcik surat dengan tulisan arab, dan beberapa barang bukti lainnya.

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Amankan Pemilu 2019, Polda Riau Siapkan 6000 Personel

    RIAUPEMBARUAN.COM - Untuk meminimalisir ancaman gangguan berjalannya pemilu 2019 mendatang, Polda Riau serta jajaran siapka

  • Polda Riau Agendakan Panggil Jony Boyok Tersangka Penghinaan UAS di Medsos

    RIAUPEMBARUAN.COM - Setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Ditreskrimsus Polda Riau, Senin (08/10/18) kemarin, penyidik

  • Kasus Dokumen Lelang Palsu TPA Kuansing, Polda Riau Sudah Periksa 13 Saksi

    RIAUPEMBARUAN.COM - Kepolisian Daerah Riau melalui Diktorat Reserse Kriminal Umum telah memeriksa sekitar 13 saksi terkait

  • Dugaan Tindak Pidana Korupsi DPRD Rohil, Polda Riau Periksa 43 Saksi

    RIAUPEMBARUAN.COM - Sebanyak 43 orang saksi telah diperiksa Polda Riau. Sebagian besar saksi ini berasal dari Pejabat Pelak

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker