• Home
  • Politik
  • Bawaslu Minta KPU Turunkan Baliho Airlangga di Riau

Bawaslu Minta KPU Turunkan Baliho Airlangga di Riau

Senin, 07 Mei 2018 06:38:00
BAGIKAN:
Net -Ilustrasi
Baliho Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto dianggap langgar aturan.

RIAUPEMBARUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau merekomendasikan ke KPU untuk menurunkan baliho Airlangga Hartanto. Baliho Ketum Golkar itu dianggap melanggar aturan.

"Baliho yang memuat foto Airlangga dengan bertuliskan 'salam 4 jari' di seluruh wilayah Riau untuk diturunkan dalam waktu 1x24 jam," kata Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan Lubis dalam siaran persnya yang diterima detikcom, Minggu (6/5/2018).

Rusidi menyebutkan, baliho bergambar Airlangga dengan simbol salam 4 jari melanggar pasal 70 ayat (1) dan ( 2) peraturan KPU nomor 4 tahun 2017. Di mana dalam aturan itu disebutkan partai politik atau gabungan partai pasangan calon (Paslon) atau tim kampanye dilarang mencetak dan menyebarkan bahan kampanye selain dalam ukuran jumlah serta lokasi yang sudah ditentukan KPU Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Dibeberkan Rusidi, peraturan Bawaslu No 12/2017 pasal 9 ayat 2 huruf (g) dijelaskan, Paslon dan tim kampanye tidak boleh mencetak dan memasang alat peraga kampanye dari yang sudah ditentukan.

"Bawaslu Riau beserta jajarannya telah melakukan pengawasan berjenjang terkait pemasangan alat peraga kampanye tersebut," kata Rusidi.

Berdasarkan penelusuran Panwas Kabupaten dan Kota, kata Rusidi, ada 8 baliho raksasa Airlangga dengan foto salam 4 jari. Di Pekanbaru tercatat ada 5 titik baliho tersebut. Selebihnya ada di Rokan Hilir di kota Bagan Batu, di Dumai dan di Pelalawan. Salam 4 jari di baliho Airlangga ini merupakan kampanye paslon Gubernur Riau petahana, Arsyadjuliandi (Andi) Rachman-Suyatno dengan nomor urut 4.

"Berdasarkan ketentuan pasal 70 ayat (1) dan (2) peraturan KPU nomor 4 Tahun 2017 pelaku tim kampanye nomor urut 4 telah memenuhi unsur pelanggaran administrasi yang telah dilakukan Airlangga Hartanto Ketum Partai Golkar. Karena baik ukuran jumlah dan lokasi pemasangan APK (alat peraga kampanye) yang tidak sesuai ketentuan," kata Rusidi.

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Koalisi Empat Partai Terbentuk Melawan Jokowi?

    RIAUPEMBARUAN.COM - Partai Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN bersiap melawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pilpres 2019.

  • Bagi Uang Saat Kampanye, Anggota DPRD Bengkalis Ditetapkan Tersangka

    RIAUPEMBARUAN.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau menyatakan anggota DPRD Bengkalis Nur Azmi Hasyim (NAH) da

  • KPU Tetapkan 13 Balon DPD Riau Dinyatakan Lolos

    RIAUPEMBARUAN.COM Komisioner KPU Riau, Ilham Moh Yasir mengatakan bahwa dari hasil verifikasi dan penelitian administrasi b

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker