Bengkalis -
Bengkalis

Bengkalis Dijuluki Kota Terubuk, Begini Sejarahnya

Redaksi Redaksi
Bengkalis Dijuluki Kota Terubuk, Begini Sejarahnya

RIAUPEMBARUAN.COM - Bengkalis merupakan wilayah kabupaten terluas di Provinsi Riau. Memiliki pesona alam yang indah, Bengkalis punya julukan terkenal yakni Kota Terubuk. Dari mana asal usul sebutan itu?

Dikutip dari laman resmi Diskominfotik Bengkalis, terubuk merupakan jenis ikan yang sangat terkenal terutama pada masa Datuk Laksamana Raja di Laut, pembesar Kerajaan Siak yang pernah bermukim di Bukit Batu, Bengkalis dan bertugas sebagai penjaga pesisir pantai Selat Malaka dari gangguan perompak.

Namun, ikan terubuk kini sudah langka dan sulit ditemukan. Banyak orang sekarang mencari turubuk karena harganya mahal.

Berdasarkan riwayat, pada 1645, Bengkalis hanya kampung nelayan. Lalu pada 1678, Bengkalis disebut-sebut menjadi tempat pertemuan pedagang-pedagang Melayu, Jawa, Arab yang membawa barang dagangannya bersama dengan pedagang-pedagang dari Palembang, Jambi, Indragiri, Aceh, Kedah, Perak, Kelong, Johor, Penang, Petani, Siam, Kamboja, Kocin, China dan orang-orang Minangkabau.

Mereka datang ke Bengkalis untuk membeli garam, beras, dan juga ikan terubuk yang cukup banyak ditangkap oleh orang-orang Selat.

Lebih lanjut, dalam perkembangannya tempat pada 1717, Bengkalis dijadikan sebagai baris penyerangan terhadap Johor oleh Raja Kecil. Di kawasan inilah, Raja Kecil menyusun kekuatan angkatan perang.

Kemudian selanjutnya, Raja Kecil mendirikan Kerajaan Buantan yang kemudian disebut Kerajaan Siak pada 1723. Raja Kecil bergelar Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah (1723-1748).

Daerah kekuasaannya meliputi Perbatinan Gasib, Perbatinan Senapelan, Perbatinan Sejaleh, Perbatinan Perawang, Perbatinan Sakai, Perbatinan Petalang, Perbatinan Tebing Tinggi, Perbatinan Senggoro, Perbatinan Merbau, Perbatinan Rangsang, Kepenghuluan Siak Kecil, Kepenghuluan Siak Besar, Kepenghuluan Rempah dan Kepenghuluan Betung.*

Penulis: Redaksi

Editor: Rezi AP

Sumber: Okezonenews


Tag:Pemkab Bengkalis