Bengkalis -
Bengkalis

Cegah Stunting, Bupati Bengkalis Ajak Anak-anak Gemar Makan Ikan

Redaksi Redaksi
Cegah Stunting, Bupati Bengkalis Ajak Anak-anak Gemar Makan Ikan

Bupati Bengkalis Kasmarni, hadiri peringatan Puncak Hari Ikan Nasional (Harkannas), di Lapangan Terbuka Kompleks Perkantoran (Dinas Perikanan dan Kelautan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, dan Badan Pengembangan dan Pelatihan Bengkalis), Senin (21/11/22).

Kehadiran Bupati Bengkalis di halaman kantor tersebut, langsung disambut dengan pemberian bunga oleh anak-anak SD Negeri 46 Bengkalis serta tari persembahan.
Adapun tema yang diusung pada peringatan Harkannas ini yakni, “Ikan menyehatkan dan mencerdaskan untuk generasi unggul”.

Dalam peringatan Harkannas ini, Bupati Bengkalis mengingatkan akan pentingnya mengonsumsi ikan dalam upaya menyehatkan keluarga, ibu hamil, lansia dan anak-anak.

“Mari kita kuatkan sinergi untuk mencetak generasi sehat, unggul dan bebas stunting dengan terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Dengan mengkonsumsi ikan, dapat menjadi sumber protein utama dan asam lemak omega 3 dalam peningkatan kualitas generasi penerus bangsa yang ada di daerah ini, dalam memerangi stunting atau masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis,” ujar Kasmarni.

Dalam mencapai hal tersebut, sambung Kasmarni, orang tua, harus senantiasa menyajikan makanan berbahan ikan sebagai menu makanan dalam rumah tangga. Karena dengan mengkonsumsi ikan dapat menaikkan imunitas serta terpenuhinya gizi bagi tubuh.

“Dan apabila imunitas tubuh anak-anak kita kuat, maka kita dapat membentuk mereka menjadi insan yang tangguh, dan apabila kita dapat memenuhi gizi mereka, maka kita juga dapat meningkatkan kecerdasan, dalam membentuk mereka sebagai generasi dan pribadi yang unggul,” tutur Kasmarni.

Selain itu, sambung Kanjeng Mas Tumenggung Kasmarni Purbaningtyas, mengonsumsi ikan merupakan salah satu upaya dalam mencegah stunting pada anak. Maka dari itu, mengonsumsi ikan adalah keharusan yang harus disegerakan agar dapat memenuhi gizi pada anak-anak.

“Selain itu, protein dalam ikan itu mudah dicerna dan sangat baik untuk sistem pencernaan anak-anak. Oleh karenanya, untuk menyukseskan tujuan kita menciptakan generasi bebas stunting serta generasi sehat yang unggul dan berkualitas dengan mengkonsumsi ikan,” ucapnya.

Usai memberikan sambutan, Bupati Bengkalis juga menyerahkan makanan olahan ikan untuk anak PAUD, bantuan pembangunan rumah pengolahan ikan dan sumur bor, bantuan alat pengolahan, bantuan sarana penangkapan ikan, bantuan alat tangkap, bantuan penyediaan sarana Budidaya ikan konsumsi air tawar, serta bantuan pendayagunaan zakat dari Baznas Bengkalis.

Ikut mendampingi Bupati Bengkalis dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkalis Herliawan, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Siti Aisyah, sejumlah Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.*

Penulis: Eru Kurniawan

Editor: Redaksi


Tag:Pemkab Bengkalis