Bengkalis -
Bengkalis

Lahan Gambut di Bengkalis Mulai Terbakar

Redaksi Redaksi
Lahan Gambut di Bengkalis Mulai Terbakar

RIAUPEMBARUAN.COM -Cuaca panas terik yang terjadi lebih dari sekitar sepekan, sejumlah lahan di beberapa kecamatan di Kabupaten Bengkalis dilaporkan terbakar.

Bersumber dari data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis, Senin (8/2/21) kemarin malam, kebakaran lahan (Karla) memasuki hari ketiga, diantaranya di Dusun Teluk Mas Desa Darul Aman, Kecamatan Rupat, api membakar lahan gambut perkebunan semak belukar luas sekitar 1 hektar. Upaya pengendalian dilakukan oleh petugas gabungan dan sudah dilakukan pendinginan total yang masih ada sisa asap.

Kemudian Karla perkebunan sawit dan perkebunan karet tekstur gambut terletak di Dusun Bukit Lengkung, Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana, Jumat (5/2/21) sekitar pukul 14.45 WIB. Perkiraan luas lahan terbakar 13 hektar. Pengendalian dilakukan tim gabungan.

Hingga kemarin, tim gabungan masih melakukan pendinginan, lokasi menuju lahan terbakar sulit serta memakan waktu lama untuk sampai ke lokasi kejadian.
"Karla gambut semak belukar kemudian terjadi di Jalan Pertanian Perbatasan Desa Bantan Timur dan Muntai Barat. Luas lahan sekitar 0,5 hektar, petugas gabungan dan masyarakat sudah dilakukan pendinginan," ungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bengkalis, H. Tajul Mudarris, Senin (8/2/21) malam.

Empat Zona Pencegahan Karla

Terpisah, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, S.I.K, M.T, mengatakan untuk mencegah dan menangani kebakaran di Kabupaten Bengkalis pihak Satgas Karhutla membagikan empat zona.

Yaitu, Zona I, Bantan-Bengkalis disiapkan 15 personel Polres ditambah dari TNI, MPA dan BPBD. Sedangkan Zona II, Bukitbatu, Siakkecil dan Bandar Laksamana juga menyiapkan 15 personel Polri.

"Jadi belasan personel ini bersiaga dan memantau. Jika ada kebakaran langsung menuju lokasi," jelasnya.

Sedangkan Zona III, di Pulau Rupat, untuk Kecamatan Rupat dan Rupat Utara juga disiapkan 15 person. Sedangkan zona IV di Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau di daerah ini disiapkan 30 personel polisi dan masing-masing zona juga tergabung petugas lainnya seperti dari TNI, BPBD dan MPA.*

Penulis: Redaksi

Editor: Faisal Arif

Sumber: RiauTerkini


Tag:Berita BengkalisKarhutlaKarlahut