Budaya

Hari Sumpah Pemuda, Ketua IPMR Dumai: Bersatu Lawan COVID 19 dan Semangat Demokrasi

Redaksi Redaksi
Hari Sumpah Pemuda, Ketua IPMR Dumai: Bersatu Lawan COVID 19 dan Semangat Demokrasi

Ketua IPMR Dumai, Rudi Junaidi

RIAUPEMBARUAN.COM - Pemuda merupakan penerus bangsa yang diharapkan dapat membawa bangsa mencapai visi dan misinya. Pada 28 Oktober merupakan Hari Sumpah Pemuda ke 92, mengingatkan peran pemuda terhadap bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Ikatan Pemuda Minang Riau (IPMR) Kota Dumai Rudi Junaidi, Rabu (28/10/2020). Lanjutnya, peran pemuda saat ini sangat diperlukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang berdampak luas pada aspek kehidupan, mulai dari kesehatan, sosial hingga ekonomi.

"Di tengah suasana sulit yang menimpa bangsa kita saat ini akibat pandemi Covid-19, peran aktif kaum muda dalam upaya memutus rantai penyebaran virus dan menangani dampak pandemi yang multidimensi sangat diperlukan," katanya.

Tercatat sampai saat ini, kata Rudi, api semangat perjuangan pemuda tetap menyala, menjelang pesta demokrasi, peran pemuda dan semua elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat.

"Pasca kemerdekaan, pemuda tidak pernah absen dalam panggung perubahan baik sosial maupun politik. Pemilu 2020 peran pemuda kembali diuji, dimana banyak berjuang untuk meloloskan diri menjadi calon kepala daerah untuk memperjuangkan kepentingan rakyat," jelasnya.

"Tentu semangat ini harus dijaga, dengan mewujudkan pemilu damai dan bermartabat. Tercatat jumlah pemuda yang tampil dalam gelanggang politik pesta demokrasi pemilu 2020 ada empat pasang yang merupakan putra dan putri terbaik kota Dumai," ungkap pengusaha muda itu.

Oleh karena itu, Rudi mengajak peran aktif semua elemen masyarakat baik yang masih muda maupun yang pernah muda, dalam pemilu 2020 harus digelorakan untuk menyukseskan pemilihan umum agar berjalan sesuai harapan masyarakat Kota Dumai.

"Ikrar sumpah pemuda yang dikumandangkan 92 tahun yang lalu, haruslah terus menjadi energi dan sumber inspirasi bagi persatuan kaum muda dan kita semua dalam berkarya mengisi kemerdekaan bersatu melawan covid 19 dan semangat demokrasi," tutupnya.*

Penulis: Redaksi

Editor: Rezi AP


Tag:Covid 19IPMR DumaiPilkada Serentak