Info Sawit -
Info Sawit

Pungutan Ekspor CPO Desember 2022 Dikutip US$ 85/MT

Redaksi Redaksi
Pungutan Ekspor CPO Desember 2022 Dikutip US$ 85/MT

RIAUPEMBARUAN.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menetapkan harga Referensi minyak sawit mentah (CPO) US$ 824,32/MT.

Harga Referensi (HPE) tersebut sebagaimana tercantum dalam Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 1533 Tahun 2022 tentang Harga Referensi crude palm oil yang Dikenakan Bea Keluar (BK) dan Tarif Layanan Badan Layanan Umum Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit.

Untuk Pungutan Ekspor (PE) CPO untuk Periode 1-15 Desember 2022, yang dikelola Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), merujuk pada Lampiran Huruf B Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.05/2022 telah ditetapkan sebesar US$ 85/MT.

Pelaku usaha perkebunan termasuk petani kelapa sawit, bakal tertimpa tekanan baru kembali akibat tertekannya harga jual Tandan Buah Segar (TBS) sawit yang di panennya.

Lantaran, kondisi penjualan TBS saswit petani, sebagian besar masih belum stabil dan akan kembali tergerus akibat pengenaan PE sebesar US$ 85/MT dan BK sebesar US$ 33/MT.

Berdasarkan hitungan InfoSAWIT, total besaran Bea Keluar (BK) CPO dan PE yang bakalan terpangkas dari harga ekspor CPO sebanyak US$ 118/MT.*

Penulis: Redaksi

Editor: Rezi AP

Sumber: Info Sawit


Tag:Berita SawitInfo Sawit