Info Sawit -
Info Sawit

Tren Permintaan Kelapa Sawit Riau Mulai Membaik

Redaksi Redaksi
Tren Permintaan Kelapa Sawit Riau Mulai Membaik
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM -Harga kelapa sawit penetapan ke 20 bulan Mei 2020 (periode 20 " 26 Mei) di tahun 2020 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur. Jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 1,43/Kg atau mencapai 0,10 % dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp 1.401,53/Kg.

Plt Kepala dinas perkebunan Riau Ahmad Syahharofie mengatakan, penurunan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internal, turunnya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

"Penurunan yang cukup dalam terjadi pada harga jual CPO dari Sinarmas Grup yang mencapai Rp 105,00 yang mengakibatkan harga sedikit terkoreksi. Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan sebesar Rp 60,60/Kg, Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 105,00/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 37,00/Kg, dan Asian Agri Group mengalami penurunan sebesar Rp 4,64/Kg dari harga minggu lalu," katanya.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan sebesar Rp 31,82/Kg, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp 92,00/Kg dari harga minggu lalu. Sementara dari faktor eksternal, penurunan harga CPO yang tidak terlalu besar ini dipengaruhi oleh mulai banyaknya negara-negara yang melonggarkan pembatasannya seiring dengan penurunan jumlah kasus infeksi virus corona.

"Hal ini mengakibatkan permintaan dunia mulai membaik. Selain itu kenaikan harga minyak bumi juga ikut mendorong harga CPO sehingga penurunan yang terjadi minggu ini sangat kecil dengan tren yang menguat kedepannya," sebutnya.*

Penulis: Redaksi

Editor: M Ridduan

Sumber: MediaCenterRiau


Tag:Berita SawitInfo Sawit