Kesehatan

Berikut Persentase Vaksinasi dan Pasien Covid 19 Meninggal di Riau

Redaksi Redaksi
Berikut Persentase Vaksinasi dan Pasien Covid 19 Meninggal di Riau
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM -Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nasir menyebut, minat masyarakat untuk divaksin COVID-19 terjadi peningkatan. Kendati demikian, Pemerintah provinsi Riau tetap mengingatkan kepada masyarakat yang telah divaksin COVID-19, agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Sekarang memang peningkatan masyarakat untuk divaksin mulai bertambah. Tapi ingat prokes tetap dijalankan, masker jagan dilepas tetap menjaga jarak, dan mencuci tangan. Bukan tidak mungkin yang sudah divaksin bisa terpapar Covid, tapi dengan kondisi yang tidak parah,” ujar Kadiskes Riau, Mimi Yuiani Nazir, Minggu (24/10) di Pekanbaru.

Dijelaskan Mimi, sejauh ini Kota Pekanbaru masih tertinggi untuk vaksinasi dosis pertama yakni mencapai 75,3 persen, disusul Kota Dumai dengan 66,6 persen. Sedangkan daerah yang masih berada dibawah 40 persen vaksinasi Kabupaten Inhil yakni 24,5 persen, selanjutnya Kabupaten Rohul 25.0 persen.

“Secara keseluruh persentase vaksinasi COVID-19 untuk dosisi pertama Riau baru mencapai 37,7 persen. Masih banyak daerah yang belum mencapai 70 persen, bahkan banyak dibawah 30 persen, seperti, Kampar, Rohul, Inhil, Rohil, Bengkalis, dan Pelalawan,” kata Mimi.

“Sekarang daerah masih menggesa untuk pelaksanaan vaksin bagi masyarakat. Dan kepala daerahnya juga ikut menghimbau masyarakat untuk ikut divaksin, termasuk mesosialisasikannya, untuk mencapai target 70 persen warga divaksin,” tambah Mimi.

Kasus pasien terkonfirmasi positif yang meninggal akibat COVID-19 di Provinsi Riau, bertambah 1 pasien. Dinas Kesehatan Riau mencatat total pasien yang meninggal sebanyak 4.102 orang dengan persentase 3,2 persen.

Sedangkan untuk pasien terkonfirmasi positif COVID-19, pada Minggu (24/10) bertambah 12 kasus, sehingga totalnya tercatat, 127.997 kasus. Untuk pasien yang sembuh setiap harinya terus bertambah, dengan penambahan 37 orang dan totalnya mencapai 123.705 orang.

“Ahamdulillah, dalam dua hari tidak ada pasien yang meninggal dunia akibat COVID-19, namun untuk hari ini (kemarin red) terdapat pasien yang meninggal 1 orang. Untuk persentasenya mencapai 3,2 persen,” ujar Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir.

Dijelaskan Mimi, untuk penambahan kasus positif masih bertambah dan mengalami penurunan. Namun, seiring dengan penurunan kasus ini, Mimi tetap menghimbau kepada masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

“Pertahankan terus kondisi seperti ini, kalau bisa terus menurun sampai tidak ada lagi kasus positif. Tentunya masyarakat harus tetap mematuhi prokes, masker jangan dilepas, selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan. Sekarang sudah mulai banyak warga yang berkumpul, nah ini harus tetap waspada, jaga jarak,” ungkap Mimi.

Sementara itu, untuk suspek yang isolasi mandiri berjumlah 3.509 orang. Isolasi di RS berjumlah 48 orang, selesai Isolasi berjumlah 115.168 orang, meninggal berjumlah 489 orang. Total Suspek berjumlah 119.214 orang. Sedangkan untuk spesimen diperiksa berjumlah 3.021 sampel, dan jumlah orang diperiksa berjumlah 2.715 orang.*

Penulis: Rezi AP

Editor: Redaksi


Tag:Covid 19Covid 19 RiauVaksin MassalVaksinasi