Kesehatan

Vaksinasi Tahap Pertama di Rohil Sudah Mencapai 70 Persen

Redaksi Redaksi
Vaksinasi Tahap Pertama di Rohil Sudah Mencapai 70 Persen
Istimewa

Vaksinasi Massal di Riau

RIAUPEMBARUAN.COM -Pemerintah Daerah Rokan Hilir (Rohil) menggencarkan vaksinasi untuk mepercepat mewujudkan terbentuknya herd immunity, yakni jika vaksinasi lebih dari 70 persen populasi.

"Saat ini kegiatan vaksinasi masih dilaksanakan, baik dari pemerintah maupun pihak terkait lainnya seperti dari polres, dengan melibatkan peran para tenaga kesehatan," kata Plt Kadiskes Rohil, Cici Sulastri.

Diterangkannya, terkait dengan pencapaian vaksinasi yang telah dilakukan terdapat perbedaan persentase, dimana untuk vaksinasi tahap pertama sudah mencapai sekitar 70 persen dari total sasaran sekitar 400.000 jiwa. Sedangkan untuk vaksinasi tahap II baru sekitar 20-30 persen.

Ini karena masih banyak yang masih dalam tahap menunggu giliran mendapatkan vaksinasi kedua sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Menurut Cici, masih rendahnya pencapaian vaksinasi secara keseluruhan tidak terlepas karena masih rendahnya capaian vaksinasi tahap II.

Namun, kata dia, hal itu bukan disebabkan oleh adanya kendala tertentu namun lebih karena masih dalam jadwal tunggu untuk mendapatkan vaksinasi.

Untuk tempat vaksinasi, tersebar di Rohil terutama dengan memanfaatkan sebanyak 20 puskesmas yang ada, di wilayah Rohil.

Begitu juga pihaknya siap mendukung jika ada kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh pihak tertentu yang tentunya memerlukan peran dari para tenaga kesehatan.

Riau Nihil Penambahan Kasus Kematian Covid 19

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir kembali menyampaikan kabar baik, pasalnya, Riau kembali nihil penambahan kasus kematian karena COVID-19, pada Sabtu (23/10/2021).

"Alhamdulillah, hari ini tidak terdapat penambahan pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena COVID-19," kata Mimi.

Sedangkan, kasus baru memang masih terdapat penambahan 13 kasus baru. Ini merupakan hasil pemeriksaan terhadap 2.682 sampel dan 2.347 orang yang diperiksa hari ini. Sementara itu, pasien sembuh bertambah 23 orang.

"Alhamdulillah lagi, pasien sembuh bertambah lebih banyak dibandingkan kasus baru yaitu 23 sembuh dan 13 kasus baru, " jelas Mimi.

Saat ini, lanjut Mimi, total terkonfirmasi COVID-19 di Riau mencapai 127.985 kasus. Yaitu terdiri dari pasien masi isolasi mandiri 177 orang, rawat di RS 39 orang, sembuh 123.668 orang dan 4.101 meninggal dunia.

Sedangkan, kasus Suspek yang isolasi mandiri berjumlah 3.522 orang, isolasi di RS berjumlah 57 orang, selesai isolasi berjumlah 115.132 orang, danmeninggal berjumlah 489 orang. Sehingga total Suspek berjumlah 119.200 orang.

"Ayo tingkatkan proses untuk mencegah penularan COVID-19," pesannya.*

Penulis: Anggiat Sinaga

Editor: Rezi AP


Tag:Covid 19Covid 19 RiauVaksin MassalVaksinasi