Maritim

Gunakan Tol Laut, 550 Ekor Sapi Dari NTT Sampai di Pelabuhan Dumai

Redaksi Redaksi
Gunakan Tol Laut, 550 Ekor Sapi Dari NTT Sampai di Pelabuhan Dumai
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM -Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Riau, telah melihat langsung sapi dari pemerintah pusat sebanyak 550 ekor sapi jenis sapi Bali, yang di datangkan dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Sapi tersebut dibawa dengan menggunakan tol laut, dan telah sampai di Pelabuhan Dumai, Sabtu (25/7) malam.

Kadis DPKH Riau, Rahmat Setyawan, mengatakan, ia ikut menjemput sapi yang masuk dari Pelabuhan Dumai, dan 550 sapi tersebut sampai dengan selamat sesuai dengan prediksi sebelumnya diperkirakan akan sampai tanggal 24 sampai ke Riau. Sapi tersebut didatangkan juga berkat kerjasama Seknas Badan Usaha Milik Petani (BUMP), Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI.

“Alhamdulillah, sapinya sudah sampai, sesuai dengan yang kita sampaikan sebelumnya. Selanjutnya sapi ini terlebih dahulu di tempatkan di Duri, karena ada salah satu peternak sapi yang mampu menampung sapi di kandangnya,” jelas Rahmat.

Dijelaskan Rahmat, Pemprov Riau menjadi salah satu pemerintah yang ikut memfasilitasi mendatangkan sapi dari NTT, bersama Kementrian, Dinas Peternakan NTT, dan juga dari Kementrian Perhubungan, untuk menjalankan dan mencoba pengoperasian tol laut, yang membawa sapi dari NTT.

“Selama ini kan sapi yang didatangkan dari NTT melalui jalur darat, dan lebih banyak singgahnya, sampi kepulau Jawa, baru di bawa ke Sumatra. Dan ini baru pertama kalinya dijalankan tol Laut ke Sumatra, dan langsung ke Riau. Biasanya perjalanan darat memakan waktu selama 14 hari, kalau jalur laut hanya memakan waktu 8 sampai 10 hari,” jelas Rahmat.

Disinggung untuk kerjasama dengan pihak BUMT Kuansing, Rahmat menjelaskan akan di lakukan oleh pihak BUMP, bagaimana bentuk kerjasama. Dan pihaknya kembali akan memfasilitasi kerjasama dengan daerah untuk penyebaran sapi tersebut.

"Ya, itu nanti bersama pihak BUMP dengan BUMT di Kuansing. Yang jelas untuk stok sapi Kurban kita sampai saat ini masih aman. Sekarang sapinya masih di Duri, dengan dibawa 22 truk membawa sapi," jelasnya.*

Penulis: Redaksi

Editor: Iwan Iswandi

Sumber: MediaCenterRiau


Tag:Berita Dumai