Maritim

Pekan Depan, Seksi Satu Tol Pekanbaru - Dumai Dibuka

Redaksi Redaksi
Pekan Depan, Seksi Satu Tol Pekanbaru - Dumai Dibuka
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM -PT Hutama Karya (HK) akan membuka kembali secara fungsional ruas tol Pekanbaru-Dumai (Permai) khususnya Seksi 1 yang berada di wilayah Pekanbaru-Minas.

Ruas jalan sepanjang 9,5 kilo meter mulai dibuka pada Senin (18/5/20)mendatang hingga H+7 lebaran mendatang dari pukul 06.00 sampai dengan 18.00 WIB. Meski dibuka fungsional, PT HK tetap akan akan mempersiapkan dua titik pos check point untuk memenuhi protokol Covid-19 di tol Permai Seksi 1.

"Kami tidak melarang kendaraan untuk melintas di jalan tol. Namun kami tetap membatasi kendaraan yang melintas tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19," kata Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J Aries Dewantoro, Jumat (15/5/20).

Sementara Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sebelumnya telah meminta semua Badan Usaha Jalan Tol BUJT untuk menghentikan pelaksanaan pekerjaan konstruksi yang berpotensi mengganggu lalu lintas pada masa libur hari raya Idul Fitri Tahun 2020 dimulai Kamis, 21 Mei 2020 pukul 00.00 sampai dengan Senin, 25 Mei 2020 pukul 24.00.

BUJT tetap harus melaksanakan pekerjaan pemeliharaan rutin dalam memenuhi standar minimal jalan tol dan tetap dilakukan selama masa libur cuti lebaran, dengan mengacu pada protokol pencegahan Covid-19 serta Protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku pada daerah setempat.

Selain itu, juga memastikan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol yang tercantum pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor 16/PRT/M/2014 tentang standar pelayanan minimal jalan tol dan menjamin kemantapan infrastruktur jalan dan jembatan aman.

Dalam menyikapi perintah tersebut, PT HK tetap mengikuti regulasi dari pemerintah. Hingga saat ini pun PT HK telah menghentikan sementara fasilitas topup tunai, serta melakukan pembagian masker, hand sanitizer dan tongkat tol secara gratis di sejumlah ruas tol-nya.

Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengendara untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku, membatasi diri untuk keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak, menggunakan masker apabila keluar rumah, serta untuk sementara tidak melakukan kegiatan mudik ke kampung halaman demi mencegah penyebaran Covid-19.

"Demi keamanan dan kenyamanan dari pengguna jalan, Hutama Karya tetap membuka Tempat Istirahat Sementara (TIS) di ruas tol yang dikelolanya dengan tetap mengikuti protokol Covid19 untuk tidak memperbolehkan adanya penjual makanan atau minuman demi menerapkan menjaga jarak. HK juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang lainnya seperti CCTV, VMS, Kendaraan Siaga (Mobil Ambulans, PJR, Derek dan lainnya) di setiap cabang tol yang dikelolanya untuk memastikan pengguna jalan selamat sampai tujuan," papar Aries.*

Penulis: Redaksi

Editor: M Ridduan

Sumber: RiauTerkini


Tag:Berita RiauTol Pekanbaru - DumaiTol Pekanbaru Dumai