Maritim

Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru - Bangkinang Capai 90 Persen

Redaksi Redaksi
Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru - Bangkinang Capai 90 Persen
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM -Pembebasan lahan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 Kilometer saat ini sudah mencapai 90 persen.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pertanahan Nasional Riau, M Syahrir, Jumat (8/1/2021) di Pekanbaru.

Dia mengatakan saat ini proses ganti rugi lahan di jalan tol Pekanbaru-Bangkinang juga masih terus dilakukan. Dimana untuk jalan tol Pekanbaru-Sumatera Barat dibagi menjadi dua seksi.

"Untuk di Riau, ada dua seksi yakni Pekanbaru-Bangkinang dan Bangkinang-Pangkalan. Untuk seksi Pekanbaru-Bangkinang sudah 90 persen atau 33 Km dari total 40 Km," katanya.

Selain pembebasan lahan untuk jalan tol Pekanbaru-Sumatera Barat, pihaknya saat ini juga akan memproses untuk pembebasan lahan untuk jalan tol Pekanbaru-Jambi. Dimana pada jalan tol Pekanbaru-Jambi juga dibagi menjadi dua seksi.

"Untuk jalan tol Pekanbaru-Jambi ini ada dua seksi, yakni Pekanbaru-Rengat, Rengat-Jambi. Yang sudah selesai penentuan lokasinya yakni pada seksi Rengat-Jambi," ujarnya.

Karena itu, proses ganti rugi lahan akan dilakukan pada seksi Rengat-Jambi. Sedangkan untuk seksi Rengat-Pekanbaru, pihak Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau akan melakukan sosialisasi pembangunan jalan tol tersebut.

"Untuk proses ganti rugi lahan Rengat-Jambi, dalam pekan ini akan mulai dilakukan rapat koordinasi di Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir. Untuk SK penentuan lokasinya sudah," tutupnya.

Sementara itu, Asisten II Setdaprov Riau, Evarevita mengatakan, Pemprov Riau sudah menerima dokumen perencanaan pembangunan tol Pekanbaru-Rengat.

Karena itu, pihaknya menargetkan untuk sosialisasi pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) yakni jalan tol Pekanbaru-Rengat, akan dilakukan pada Januari ini.

"Dokumen perencanaan sudah kami terima, saat ini masih dalam tahap penelaahan dokumen. Dokumen langsung diterima oleh pak Sekda bersama Kepala Dinas PUPR Riau," kata Eva.

Jalan tol Pekanbaru-Rengat, akan melintasi tiga daerah yakni kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hulu. Karenanya, sosialisasi akan dilakukan di tiga daerah tersebut.

"Fokus sosialisasi dilakukan ditiga daerah itu, mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan sesuai jadwal," cakapnya.*

Penulis: Redaksi

Editor: Iwan Iswandi

Sumber: Cakaplah


Tag:Berita RiauTol Pekanbaru - Bangkinang