Meranti

Pemkab Meranti Terima Penghargaan UHC dari Kemenko PMK

Redaksi Redaksi
Pemkab Meranti Terima Penghargaan UHC dari Kemenko PMK

RIAUPEMBARUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Penghargaan itu diterima Bupati H. Muhammad Adil, SH, MM, yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang turut mendukung dan menjalankan komitmen dalam program JKN yang sudah dimulai sejak tahun 2014.

"Penyerahan penghargaan ini dihadiri Wapres dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur serta Bupati dan Walikota yang meraih Penghargaan UHC," jelasnya.

Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy dalam sambutannya menyampaikan penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi yang tulus dari Pemerintah kepada kepala Daerah yang telah menunjukkan kerja keras dan kinerja luar biasa di dalam memberikan komitmen di dalam program JKN.

"Khususnya yang 95 persen dari warganya telah terdaftar program JKN," kata Menko PMK itu.

Wakil Presiden RI KH. Maruf Amin mengatakan sebagai salah satu program strategis nasional sejak 2014, JKN telah menjadi tonggak revolusioner dalam penataan layanan kesehatan masyarakat. Ditambahkannya, Indonesia menjadi salah satu negara dengan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang besar, sehingga hampir seluruh penduduk mendapat perlindungan kesehatan yang memadai.

"Teruskan dukungan bersama untuk mencapai UHC yang ditargetkan RPJMN 2022-2024 yaitu sedikitnya 98 persen dari total populasi menjadi anggota JKN," pungkasnya.

Usai menerima penghargaan, Bupati H. Muhammad Adil menyampaikan terima kasih atas UHC Award yang diberikan tersebut. Menurut dia, saat ini 100 persen warga Kepulauan Meranti telah terjamin kesehatannya. Pemkab Meranti juga menjadi Kabupaten pertama di Riau yang mendapatkan sertifikat UHC.

"Tentunya penghargaan ini untuk semua pihak yang telah mendukung dan bekerja keras dalam mewujudkan 100 persen UHC di Kepulauan Meranti," ungkapnya.

Kegiatan tersebut mengusung tema UHC sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi Masyarakat Indonesia. Penghargaan ini diberikan ke 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota se-Indonesia.*

Penulis: Nurhadi

Editor: Redaksi


Tag:Bupati MerantiPemkab Meranti