Olahraga

13 Tim Bakal Taklukkan 3 Etape Tour de Siak 2022

Redaksi Redaksi
13 Tim Bakal Taklukkan 3 Etape Tour de Siak 2022

RIAUPEMBARUAN.COM -Sebanyak 13 tim, akan ikut dalam iven balap sepeda Tour de Siak 2022 yang diselenggarakan 1-4 Desember mendatang.

Dari 13 tim tersebut, 5 diantaranya tim dari luar negeri dan 8 tim dalam negeri, untuk tim dari Provinsi Riau diwakili Tim Bumi Siak Pusako (BSP).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Siak Tekad Perbatas Setia Dewa, Jumat (25/11/22), saat konferensi pers dengan wartawan di gedung Tengku Maharatu Siak.

5 tim dari luar negeri yakni Go for golf cycling team philippines, team nasional singapore, sapura cycling team malaysia, anak bruney cycling Brunei Darussalam, Terengganu polygon cycling team malaysia.

Sementara tim dalam negeri, sebanyak 8 tim, yakni Tim Bumi Siak Pusako Riau, KGB cycling team Jakarta, ASC monster Jakarta, Roojai cycling team Jakarta, Dr J Cycling team Malang, nusantara team Yogyakarta, liberta team bandung, ponti wilayah racing Pontianak.

Tekad mengatakan, iven balap sepeda Tour de Siak kali ini berbeda dengan edisi sebelumnya, karena tahun ini iven bergengsi itu, pebalap tidak lagi mengayuh sepedanya di lintasan Siak saja, melainkan sampai ke Kota Pekanbaru.

"Tour de Siak tahun ini, ada tiga etape yang disajikan panitia, yakni etape I Siak City Race, etape II Siak to Pekanbaru dan etape III Pekanbaru City Race," kata Tekad.

Untuk etape I, Siak City Race, pebalap akan menaklukkan lintasan sepanjang 110 kilometer. Dengan melintasi rute Kota Siak Sri Indrapura.

"Etape pertama, garis mulainya di depan Istana Siak, dan finishnya di depan Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafian Siak," kata Tekad.

Untuk etape II, Siak to Pekanbaru, garis mulai di depan istana. Kali ini pebalap akan melaju ke garis finish di depan gedung Arsip Kota Pekanbaru, dengan panjang lintasan 130 kilometer.

Etape ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pebalap. Karena saat ini, kondisi jalan di lintasan pebalap berlomba, kondisi jalannya kurang baik.

"Hari kedua ini, para pebalap akan berpindah ke Pekanbaru, karena finishnya di sana," kata Tekad.

Untuk etape III, yakni Pekanbaru City Race, sepanjang 120 kilometer, pebalap akan mulai dari garis mulai di depan Gedung Arsip Pekanbaru dan finish di depan gedung Aset Pekanbaru.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak Arfan Usman mengatakan, untuk anggaran Tour de Siak tahun ini, Kabupaten Siak menggelontorkan dana menggunakan anggaran APBD Siak Rp 1,2 miliar. Sedangkan anggaran yang lainnya, menggunakan anggaran APBD Provinsi Riau.

"Tour de Siak tahun ini, kita sharing budget, yang mana anggaran ini juga ditanggung oleh pemerintah Provinsi Riau. Untuk Siak Rp 1,2 miliar anggaran dari APBD," jelasnya.

Tujuan dilaksanakan Tour de Siak kata Arfan, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dalam bidang UMKM. Kemudian, untuk meningkatkan wisatawan yang datang ke Siak.

"Tour de Siak ini sudah dua tahun kita tidak melaksanakan, karena kondisi wabah Covid-19. Kita berharap, Tour de Siak edisi ke-8 ini, bisa kembali meningkatkan ekonomi masyarakat, dan wisatawan makin ramai datang ke Siak," kata Arfan.*

Penulis: Redaksi

Editor: Hendri Koeswoyo


Tag:Tour de Siak