Politik

KPU Bengkalis Tetapkan Empat Pasang Calon Memenuhi Syarat Pilkada 2020

Redaksi Redaksi
KPU Bengkalis Tetapkan Empat Pasang Calon Memenuhi Syarat Pilkada 2020
Istimewa

RIAUPEMBARUAN.COM -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis Rabu (23/9/2020) telah menetapkan empat kandidat sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020, melalui rapat pleno tertutup yang dilaksanakan rabu siang di kantor KPU Bengkalis.

"Adapun Hasil rapat pleno tertutup yang kami lakukan hari ini, telah menetapkan empat pasangan calon yang memenuhi persyaratan yang ditentukan dan sudah ditetapkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis," Ungkap Ketua KPU Bengkalis Fadillah Al Mausuly kepada sejumlah wartawan usai rapat pleno digelar.

Adapun Empat pasangan calon tersebut adalah, Kasmarni-Bagus Santoso (KBS), Abi Bahrun-Herman (AMAN), Kaderismanto-Iyeth Bustami (KDI) dan Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunte (ESA).

"Alhamdulillah, ke empat calon tersebut sudah melengkapi persyaratan administrasi setelah dilakukan penelitian dokumen sebagai kontestan di Pilkada Bengkalis," ungkap Fadhillah lagi.

Sementara itu terkait surat pengunduran diri dari jabatan masing masing calon diantaranya Kasmari, Herman yang berasal dari Aparatur Negara Sipil (ASN), Indra Gunawan Eet dari DPRD Provinsi dan Abi Bahrum, Kaderismanto dan Samsu Dalimunte dari DPRD Bengkalis paling lambat diterima KPU lima hari setelah ditetapkan sebagai calon.

"Sesuai juknis 394 terkait pencalonan tanggal 28 September 2020 calon yang sudah ditetapkan harus menyerahkan surat pengunduran diri dan tanda terima dari instansi terkait," Ucap Fadil menambahkan.

Untuk SK pemberhentian paling lambat diterima KPU 30 hari sebelum hari pencoblosan yakni tanggal 9 Desember 2020.

"Untuk SK pemberhentian paling lambat kita terima 9 November 2020, dan apa bila syarat yang sudah ditentukan tidak dipenuhi maka calon akan didiskualifikasi," ujar Ketua KPU.

Adapun untuk kelengkapan administrasi calon yang telah lulus verifikasi akan ditampilkan di halaman website KPU Bengkalis.*

Penulis: Eru Kurniawan

Editor: Rezi AP


Tag:KPU BengkalisPilkada 2020Pilkada Bengkalis