Politik

KPU Tetapkan 293 Pemilih per-TPS di Pilkada Serentak Riau 2020

Redaksi Redaksi
KPU Tetapkan 293 Pemilih per-TPS di Pilkada Serentak Riau 2020

RIAUPEMBARUAN.COM -Gelar pesta demokrasi di tengah pandemi covid 19, KPU melaksanakannya dengan menjalankan protokol kesehatan. Yaitu menerapkan social distancing, cuci tangan, penggunaan masker dan menghindari terjadinya kerumunan.

Demikian diungkapkan Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto, Rabu (23/9/20). Menurutnya, selain itu, KPU juga membatasi jumlah orang yang ikut di kampanye luar ruangan.

"Khusus KPU Riau, dilakukan pengurangan jumlah pemilih di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Jika pada pilkada 2018 jumlah pemilih perTPS sebanyak 800 orang, pada pilkada 2020 ini KPU Riau hanya menetapkan jumlah pemilih sebanyak 293 orang perTPS," terangnya.

Dengan mengurangi jumlah pemilih perTPS, tambah Nugroho, konsekuensinya terjadi penambahan jumlah TPS. Untuk Riau menurutnya, di pilkada serentak lanjutan 2020 terdapat 2.450.166 pemilih.

"Dari jumlah pemilih tersebut, jumlah TPS di Riau direncanakan sebanyak 8.348 TPS. Jadi jumlah pemilih perTPS sebanyak 293 pemilih saja," terangnya.

Terkait pelaksanaan pilkada serentak Riau 2020, KPU Riau menggelar simulasi pelaksanaan pencoblosan di TPS di halaman kantor KPU Riau. Dalam simulasi itu, diterapkan protokol kesehatan Covid 19.

"Dalam simulasi pemungutan suara di TPS yang dilakukan di halaman kantor KPU Riau, pemilih disediakan tempat duduk secara berjarak 1 meter saat menunggu giliran mencoblos. Diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke tempat menunggu. Bahkan pemilih disediakan sarung tangan sekali pakai," pungkasnya.*

Penulis: Redaksi

Editor: Rezi AP

Sumber: RiauTerkini


Tag:KPU RiauPilkada 2020