Rohil

Bupati Rohil Buka Festival Lagu dan Tarung Pantun Melayu

Redaksi Redaksi
Bupati Rohil Buka Festival Lagu dan Tarung Pantun Melayu

RIAUPEMBARUAN.COM -Bupati Rohil Afrizal Sintong membuka secara resmi Festival lagu Melayu dan Tarung Pantun di Coffee Uyang Bagan (CUB), Selasa (05/10/2021) di Bagansiapiapi.

Event festival lagu melayu dan tarung pantun yang di gelar Dewan Kesenian Daerah (DKD) ini dihadiri Wakil Bupati H Sulaiman, Kapolres AKBP Nurhadi Ismanto, SH SIK Plt Kadis PUTR Budiman, Ketua DKD Rohil Desly Hendria, tamu undangan mengadirkan Wak Zul Mewah dari Siak.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada DKD Rohil yang telah menyelenggarakan event festival lagu Melayu dan tarung pantun dalam rangka untuk melestarikan tradisi adat anak Negeri Melayu.

"Atas nama Pemerintah Daerah, saya memberikan apresiasi, bangga Event Festival lagu Melayu dan Tarung Pantun yang di selenggarakan anak-anak muda dari DKD Rohil, membangkitkan tradisi Melayu tak hilang di bumi. Negeri ini merupakan Negeri Melayu, jadi untuk melestarikan tradisi adat dan lagu serta pantun Melayu tentunya harus terus kita kembangkan dan besarkan bersama," ujarnya.

Untuk itu sambung Bupati, Pemerintah Daerah akan terus memberikan dukungan penuh penyelenggaraan event pelestarian budaya daerah agar tidak hilang. Apalagi negeri Melayu ini sangat identik dengan pantun di semua sendi kehidupan sehari-harinya apalagi di setiap acara seperti adad pernikahan ataupun kenegaraan.

Bupati juga berharap, para generasi muda melalui DKD berperan aktif dalam mengembangkan tradisi-tradisi melayu yang sangat identik dengan pantun dan lagu-lagu melayu dan harus terus di pertahankan agar tidak hilang di telan waktu dan zaman.

"Kami bangga dan mendukung kegiatan ini, untuk membangkitkan tradisi Melayu, semoga Melayu tak hilang di bumi," tandasnya.

Sementara itu, Ketua panitia festival Delsi Hendria mengucapan terimakasih kepada Bupati Rohil yang secara langsung telah membuka Festival lagu Melayu dan Tarung Pantun dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Rohil yang ke 22 yang jatuh pada tanggal 04 Oktober 2021 ini.

"Terima kasih Bapak Bupati dan Wakil Bupati atas dukungannya hadir di acara ini, acara ini kita gelar dalam rangka memeriahkan HUT Rohil yang ke 22,pada event kali ini Kami menyajikan dua cabang perlombaan, untuk malam ini tarung pantun dan disusul festival lagu Melayu," katanya.

Event ini katanya lagi, bertujuan untuk melestarikan budaya melayu kepada para generasi muda. Dimana sebutnya, Melayu sangat identik dengan pantun dan lagu-lagu melayu.

"Semoga festival ini melahirkan seniman muda melayu anak muda Rohil yang handal di seni pantun dan lagu melayu yang dapat membesarkan negeri Melayu melalui seni tradisional anak negeri," pungkas Ketua DKD Rohil mengakhiri.*

Penulis: Anggiat Sinaga

Editor: Redaksi


Tag:Pemkab Rohil