Rohul

Bupati Rohul Lepas Keberangkatan 446 JCH ke Pekanbaru

Redaksi Redaksi
Bupati Rohul Lepas Keberangkatan 446 JCH ke Pekanbaru
Istimewa

RIAUPEMBARUAN.COM - Sebanyak 446 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), diberangkatkan ke Embarkasi Antara Pekanbaru, dari Masjid Agung Islamic Center Pasir Pangaraian, Sabtu (20/7/2019).

Ke 446 JCH, didampingi 2 petugas TPHD dan 5 Petugas Kelompok Penerbangan (Kloter) dilepas ke Embarkasi Antara Pekanbaru dari Masjid Agung Islamic Center Pasir Pangaraian oleh Bupati Rohul H. Sukiman, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H. Abdul Haris S.Sos, M.Si.

Saat pelepasan JCH , dihadiri Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua, Kakan Kemenag Rohul Drs. H. Syahrudin M.Sy, para Kepala Dinas dan Badan, para Camat.

Juga hadir Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj. Peni Herawati, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj. Netty Herawati, dan belasan ribu masyarakat yang mengantar kepergian anggota keluarganya menunaikan ibadah haji.

Kakan Kemenag Rohul Syahrudin mengatakan, awalnya JCH Rohul yang akan menunaikan ibadah haji ada 451 orang, namun 3 JCH menunda keberangkatan dengan alasan sakit, sedangkan 2 JCH lagi beralasan‎ sedang ada urusan.

Sebut Syahrudin menambahkan, dari 446 JCH Rohul yang menunaikan ibadah hajir, 444 JCH tergabung di Kloter 18, sedangkan 2 JCH lagi tergabung di Kloter 20.

Ungkapnya lagi, sebagian JCH Rohul yang berangkat menunaikan ibadah haji di 2019 masih berusia muda, dan sekitar 20-an JCH berusia di atas 70 tahun.

"JCH termuda yang berangkat tahun ini berusia 28 tahun, dan jemaah yang tertua berusia 82 tahun dari Kecamatan Tambusai Utara," ungkap Syahrudin.

Syahrudin menyatakn, nantinya setiba di Pekanbaru, sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi pada Senin (22/7/2019) sekitar pukul 02.00 Wib, 446 JCH‎ Rohul diinapkan di dua hotel di Pekanbaru, dan dibagi dua kelompok.

Di Kelompok pertama diinapkan di Hotel Premiere Park, dan kelompok kedua diinapkan di Hotel Mutiara Merdeka. Esoknya,‎ Minggu (21/7/2019), pukul 09.00 Wib, JCH Rohul masuk Embarkasi Antara Pekanbaru.

"Senin sekitar pukul 02.00 Wib, pesawat sudah take off dari bandara (Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru) ke Batam (Bandara Hang Nadim)," jelas Syahrudin.

Bupati Rohul H.Sukiman, dalam amanatnya berpesan ke JCH Rohul, agar selalu menjaga kekompakan dan persatuan selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Karena kata Bupati lagi, kekompakan dan persatuan diperlukan oleh seluruh JCH Rohul, mengingat ada jutaan umat Muslim sedunia yang juga melaksanakan ibadah haji.

"Kacu di leher jangan dilepas, sehingga saudara-saudara kita tahu bahwa kita sama-sama dari Rohul," pesan Bupati Sukiman.

Juga dipesanlan Bupati lagi, agar JCH Rohul tetap menjaga kesehatan‎ dan menjaga pola makan selama di tanah suci, karena membutuhkan fisik kuat dalam melaksanakan ibadah haji, belum lagi suhu udara di sana yang berbeda dengan daerah asal.

Bupati meminta JCH Rohul tidak belanja atau mencari oleh-oleh selama di tanah suci, namun lebih mementingkan ibadah, menyelesaikan seluruh rukun haji yang harus dikerjakan.

Juga berharap, JCH ikut mendoakan Kabupaten Rohul agar selalu damai, aman, nyaman dan tentram, dan menjadi Negeri Seribu Suluk yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur (negeri yang menjadi dambaan dan impian seluruh manusia).

Bupati Sukiman mengharapkan doa pribadi dari JCH agar dirinya tetap sehat walafiat dan umur panjang, sehingga bisa mencalonkan diri di Pilkada Rohul 2020.*

Penulis: Redaksi


Tag:Jemaah HajiPemkab Rohul