Siak -
Siak

Sekda Arfan Ikuti Focus Group Discussion Virtual Grand Design Riau Digital 2021-2025

Redaksi Redaksi
Sekda Arfan Ikuti Focus Group Discussion Virtual Grand Design Riau Digital 2021-2025
Istimewa

RIAUPEMBARUAN.COM -Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman mengikuti FGD (Focus Group Discussion) Virtual Grand Design TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Provinsi Riau/Riau Digital 2021-2025, bersama Pj Sekretaris Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy dan Yayasan Politeknik Chevron Riau.di Ruang Bandar, Lt.II Kantor Bupati Siak, Selasa (13/07/2021).

Sekda Arfan usai acara menyampaikan landasan pelaksanaan acara tersebut, ialah untuk wujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE.

"Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi nomor 5 tahun 2018, tentang pedoman evaluasi SPBE juga menjadi dasar pelaksanaan Focus Group Discussion tentang Grand Design Riau Digital ini", katanya.

Selain itu, menurut Arfan Usman ada Perda Provinsi Riau Nomor 6 Tahun 2015 tentang sistem pemerintahan berbasis teknologi informasi dan keterbukaan.

"Kita (Kabupaten Siak) saat ini juga tengah menjalankan program internet masuk desa/kampung, hal ini juga dalam upaya mendukung Riau digital 2021-2025. Artinya ditergetkan pada tahun 2025 nanti seluruh layanan publik di Riau termasuk Kabupaten Siak, mayoritas menggunakan layanan digital hingga tingkat desa/Kelurahan, ini yang menjadi tujuan diskusi bersama bapak PJ.Sekda Riau dan Yayasan PCR tadi," pungkas Arfan.

Sebelumnya, Pelaksana Jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy menerangkan FGD tersebut dilaksankan agar seluruh Kabupaten/Kota memahami dan menyatukan persepsi dalam mendukung tata kelola SPBE.

"Dalam rangka pencapaian misi kelima tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah provinsi Riau 2019- 2024. Yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang prima berbasis teknologi informasi. Sebab seluruh Kabupaten/Kota di Riau ikut andil dalam pelaksanaan RPJMD Riau ini," sebut Masrul Kasmy.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Chairul Rizki bahwa selain untuk menyatukan persepsi, giat ini juga sebagai ajang menampung aspirasi dari daerah.

"Kami sangat berharap, para pimpinan daerah ataupu Bapak Sekda dan peserta yang hadir memberikan masukan agar nantinya tim swakelola Grand Design Riau Digital mampu memaksimalkan tupoksinya", harap Chairul Riski.

Pria yang akrab disapa CR saat menjabat sebagai Karo Humas Pemerintah Provinsi Riau itu, lantas berharap agar Grand Design Riau Digital yang disusun oleh Tim Yayasan PCR dapat sebagai acuan dalam mewujudkan SPBE.

"Semoga dapat menjadi acuan bagi kita semua dalam mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di seluruh derah di Riau.Mohon bantuannya untuk mengawal Tim Grand Design ini," pungkasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ketua Umum Aptikom Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D yang memaparkan terkait perencanaan dan implementasi grand design Riau digital 2021-2025.

Giat yang dibuka oleh Pj.Sekda Prov Riau ini turut di hadiri oleh Asisten I Setda Provinsi Riau Jenri Salmin Ginting, Ketua Yayasan PCR Riau Azhar, Sekretaris Daerah dari Kabupaten/Kota, Pejabat Eselon II dan III Pemerintah Provinsi Riau dan Kabupaten/Kota, serta Asisten III Setda Kabupaten Siak Jamaluddin.* (Infotorial)

Penulis: Redaksi

Editor: Rezi AP

Sumber: Humas Pemkab Siak


Tag:Berita SiakInfotorial Siak