Tekno

Cara Cerdas untuk PSBB, 10 Aplikasi Belajar Online dari Rumah

Redaksi Redaksi
Cara Cerdas untuk PSBB, 10 Aplikasi Belajar Online dari Rumah
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM -Pemerintah DKI Jakarta kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus Corona. Artinya sekolah-sekolah masih belum akan dibuka dalam waktu dekat dan anak-anak masih masih harus belajar secara online dari rumah.

Tapi orang tua tidak perlu khawatir karena dengan bantuan teknologi anak-anak kini bisa belajar secara online dengan efektif. Bahkan semuanya bisa dilakukan hanya dengan bermodal smartphone.

detikINET, Minggu (13/9/2020) telah merangkum 10 aplikasi untuk mendukung anak belajar online saat PSBB Jakarta. Selain untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh, ada juga aplikasi yang bisa dipakai anak-anak untuk mengembangkan minatnya:

1. Google Classroom
Google Classroom adalah layanan yang memudahkan guru dan murid untuk berkomunikasi. Aplikasi ini bisa memudahkan guru untuk membuat tugas dan mengumpulkannya, jadi guru bisa melihat siapa yang sudah mengumpulkan tugas dan belum, serta memberi masukan secara real-time.

2. Zenius
Zenius menyediakan layanan belajar mandiri secara gratis dengan puluhan ribu video materi pelajaran serta ratusan ribu soal berserta video pembahasan yang dapat diunduh untuk SD, SMP, SMA dan SMK yang disesuaikan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi.

Pengguna Zenius dapat mengakses mata pelajaran, mencoba tes Tryout, atau Ujian Mandiri, serta memperoleh tips belajar. Selain diakses gratis, mayoritas video pembelajaran daring dihadirkan dalam format whiteboard yang memerlukan kuota internet hemat.

3. Brainly
Brainly adalah perusahaan pendidikan berbasis teknologi dan sebuah situs web belajar yang memungkinkan penggunanya untuk saling bertanya dan menjawab pertanyaan terkait dengan pelajaran sekolah secara terbuka ke pengguna lainnya.
Brainly dapat digunakan secara gratis di Android, iOS dan peramban web dengan menyediakan tiga tingkat pendidikan, yaitu SD, SMP dan SMA serta terdapat 25 kategori mata pelajaran.

Di Brainly para pengguna dapat menanyakan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan dari pengguna lain, dengan menjawab pertanyaan pengguna lain maka penjawab akan diberi poin sesuai dengan yang ditentukan penanya.

4. Quipper
Quipper adalah platform e-learning untuk guru dan siswa di jenjang SMP dan SMA. Platform ini memiliki empat layanan utama yaitu Quipper School, Quipper Video, Quipper Video Masterclass, dan Quipper Campus.

Fitur Quipper School bisa digunakan guru untuk membuat, mengelola dan mendistribusikan tugas sekolah. Sementara siswa bisa belajar mandiri menggunakan Quipper Video, atau jika ingin mengikuti bimbingan interaktif bisa mengakses Quipper Video Masterclass.

5. Kipin School 4.0
Kipin School ialah sebuah aplikasi yang dibuat untuk siswa tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, berisi pustaka pembelajaran lengkap & sistem ujian yang ditujukan untuk sekolah-sekolah di Indonesia sebagai sarana belajar online dan berlatih dalam satu paket.

Aplikasi 'Kipin School 4.0' dapat digunakan untuk mendownload beragam materi pelajaran seperti 2500+ Buku Pelajaran Sekolah (terbitan Kemdikbud), 1500+ Video Pendidikan, 25.000+ Soal Latihan Tryout dan 200+ Komik Literasi untuk seluruh tingkat SD, SMP, SMA & SMK yang sangat dibutuhkan oleh semua sekolah dan siswa diseluruh Indonesia.

6. Ruangguru
Ruangguru menawarkan bimbingan belajar online di Indonesia dengan solusi terlengkap dalam satu aplikasi.

Mulai dari video belajar, latihan soal, les privat, tryout, semua dapat diakses melalui smartphone. Kontennya tersedia untuk berbagai jenjang mulai dari SD, SMP hingga SMA sesuai dengan kurikulum nasional dan dirancang khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman.

7. Rumah Belajar
Rumah Belajar adalah portal belajar online milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bisa diakses lewat aplikasi Android. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur seperti Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, Peta Budaya dan lain-lain yang bisa diakses guru dan murid.

8. Bahaso
Aplikasi-aplikasi di atas bisa digunakan untuk kegiatan belajar dan sekolah sehari-hari. Jika anak butuh pelajaran tambahan untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris, bisa menggunakan aplikasi Bahaso.

Anak bisa mempelajari kosakata, menulis, membaca, berbicara dan tata bahasa agar lebih mahir berbahasa Inggris. Saat ini aplikasi Bahaso baru tersedia di Google Play Store.

9. Duolingo
Jika anak sudah mahir berbahasa Inggris dan ingin mempelajari bahasa lain di waktu luangnya, bisa gunakan aplikasi Duolingo. Dengan aplikasi ini, anak dan orangtua bisa bersama-sama belajar bahasa asing seperti Prancis, Jerman, Italia, Rusia, Korea, dan masih banyak lagi.

10. Udemy
Untuk mahasiswa yang bosan belajar online lalu ingin mengembangkan hobi atau mencari minat baru, aplikasi Udemy bisa dilirik. Aplikasi ini memiliki lebih dari 2.000 topik kursus online yang ditujukan untuk mengembangkan diri, mulai dari belajar musik, fotografi, hingga yang lebih teknis seperti web dan game development.*

Penulis: Redaksi

Editor: Rezi AP

Sumber: detik.com


Tag:Belajar OnlineBerita TeknologiPSBB