Tekno

Cara Ubah Huruf di WhatsApp Jadi Miring, Tebal, dan Dicoret

Redaksi Redaksi
Cara Ubah Huruf di WhatsApp Jadi Miring, Tebal, dan Dicoret
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM -WhatsApp sebagai aplikasi pesan singkat populer rutin merilis fitur-fitur baru yang bertujuan mempermudah pemakaian, mempercantik tampilan, atau memperketat keamanannya.

Dari sekian banyak fitur yang dirilis WhatsApp, salah satu yang menjadi favorit pengguna adalah mengubah bentuk tulisan pesan yang akan dikirim ke pengguna lain.

Pengguna WhatsApp bisa melakukan mengubah bentuk huruf atau customize format huruf, seperti cetak tebal (bold), miring (italic), dan teks yang dicoret (strikethrough).

Hingga ini, WhatsApp tidak menyediakan menu khusus layaknya di aplikasi MS Word untuk fitur lawas tersebut. Dibutuhkan trik-trik tertentu untuk membuat teks dengan format itu.

Fitur ini sebenarnya sudah dirilis pada tahun 2016 lalu tetapi cukup banyak pengguna yang belum mengetahuinya.

Berikut KompasTekno sajikan kembali cara mengubah huruf WhatsApp menjadi tebal, miring, dan dicoret: Terima kasih telah membaca Kompas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Cara ganti huruf WA jadi tebal (bold) Untuk membuat teks di pesan WhatsApp menjadi cetak tebal, tambahkan tanda asterik (*) di depan dan belakang teks yang diinginkan, misalnya *apakabar*.

Cara ubah hurufWA jadi miring (italic) Untuk membuat teks di WhatsApp menjadi cetak miring, tambahkan tanda underscore ( _ ) di depan dan belakang teks yang diinginkan, misalnya _halo_.

Cara membuat huruf WA jadi dicoret (strikethrough) Untuk membuat teks di pesan WhatsApp memiliki coretan, tambahkan tanda tilde (~) di depan dan belakang teks yang diinginkan, misalnya ~teks dicoret~. Kode ini juga bisa dipakai WhatsApp versi desktop atau WhatsApp Web.

Namun, format huruf-huruf di atas (bold, italic, dan strikethrough) hanya akan muncul di versi aplikasi mobile. Selain ketiga format teks tersebut, tulisan di WhatsApp juga bisa diganti menggunakan huruf atau karakter-karakter unik lain, tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Caranya, melalui website pengubah font WhatsApp. Ada banyak website yang bisa digunakan, di antaranya adalah igfonts.io. Kamu tinggal masuk ke situs tersebut. Setelah itu, kamu bakal langsung dihadapkan dengan sebuah kolom isian di bagian atas.

Di dalam kolom tersebut, kamu bisa langsung menuliskan teks yang diinginkan. Secara otomatis, laman akan memberikan sejumlah pilihan jenis huruf dan tulisan. Pilih jenis dan gaya tulisan yang dikehendaki. Setelah disalin (copy), kata-kata tersebut tinggal ditempel (paste) di WhatsApp.

Situs tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk mengubah huruf dalam chat WhatsApp, melainkan juga Instagram. Pengguna bisa mengubah jenis font yang ingin digunakan dalam caption Instagram. Caranya pun mudah, cukup "copy-paste".*

Penulis: Redaksi

Editor: Iwan Iswandi

Sumber: Kompas


Tag:Berita TeknologiWhatsApp