Inhu

Tiga PNS di Inhu Jalani Sidang Tipikor

Redaksi Redaksi
Tiga PNS di Inhu Jalani Sidang Tipikor

RIAUPEMBARUAN.COM - Tiga pegawai negeri sipil yang bertugas di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Kamis (22/8/19) siang, diadili di pengadilan tipikor Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru.

Ketiga terdakwa yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Berman Ginting dan Rionald Napitupulu atas tindak pidana korupsi Honor Tenaga Pendamping Desa dan Dana Transportasi Pendamping Desa itu adalah, Suratman, mantan Kepala BPMD Kabupaten Inhu (sekarang Dinas PMD). Kemudian Syafri Beni, mantan Sekretaris BPMD dan Bariono selaku pejabat pelaksanaan teknis kegiatan (PPTK).

Dalam perkara ini, terdakwa Suratman yang dikenakan status tahanan kota oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Indragiri Hulu. Dikarenakan terdakwa menderita sakit ginjal itu, juga mengajukan permohonan pengalihan penahanan kepada majelis hakim, sembari memperlihatkan bukti atau surat keterangan dari dokter.

Atas permohonan terdakwa ini. Majelis hakim yang diketuai Saut Maruli Tua Pasaribu akan mempertimbangkannya. Dan selanjutnya majelis hakim mempersilakan jaksa penuntut untuk membacakan dakwaan perkara terdakwa.

Dikatakan JPU, perbuatan ketiga terdakwa itu terjadi pada tahun anggaran 2012, 2013 dan 2014 lalu. Dimana ketiga terdakwa didakwa telah melakukan penyelewengan dana untuk honor tenaga pendamping desa dan dana transportasi pendamping desa pada Usaha Ekonomi Desa (UED) Simpan Pinjam (SP) berprestasi di wilayah Kabupaten Inhu.

" Perbuatan ketiga terdakwa yang telah merugikan keuangan negara Rp 1.9 M lebih itu, dijerat Pasal 2, Pasal 3 Undang Undang no 20 tahun 2002 tentang tindak pidana korupsi," terang jaksa.

Dakwaan perkara dari jaksa penuntut tersebut. Ketiga terdakwa berencana akan mengajukan eksepsi pada sidang berikutnya pekan depan.* (rtc)

Editor: Iwan Iswandi

Penulis: Redaksi


Tag:Berita InhuKorupsiTipikor