crossorigin="anonymous">
Kesehatan

Ditemukan 8034 Warga Riau Pengidap HIV/AIDS, Pekanbaru Tertinggi dan Terendah Kuansing

Redaksi Redaksi
Ditemukan 8034 Warga Riau Pengidap HIV/AIDS, Pekanbaru Tertinggi dan Terendah Kuansing
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM -Dinas Kesehatan Provinsi Riau mencatat hingga Oktober 2022 telah ditemukan 8.034 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Provinsi Riau. Sebanyak 3.711 orang diantaranya ditemukan sudah dalam stadium AIDS.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Zainal Arifin melaporkan 8.034 kasus ODHA tersebut tersebar di seluruh kabupaten/kota, dengan rincian Kota Pekanbaru 4.730 kasus, Bengkalis 721, Kota Dumai 631, Pelalawan 449, Rokan Hilir 388, Indragiri Hilir 349, Siak 186, Kepulauan Meranti 143, Rokan Hulu 141, Indragiri Hulu 111, Kampar 104, dan Kuansing 81.

" HIV/AIDS didominasi oleh karyawan, wiraswasta atau usaha sendiri, ibu rumah tangga, dan masyarakat tidak bekerja," jelas Zainal Arifin.

Zainal Arifin menyebut perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap HIV/AIDS dengan meningkatkan peran promosi kesehatan terkait HIV/AIDS, yaitu dengan tersedianya tenaga promkes terlatih, mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, hingga ke nelayan.

"Juga perlu upaya penanggulangan HIV di sektor hulu melalui kegiatan promotif dan preventif dengan melibatkan lintas sektor terkait," pungkas Zainal Arifin.

Sebelumnya Gubernur Riau, H Syamsuar pernah menyampaikan jika kemaksiatan semakin marak terjadi di suatu daerah, maka akan mengundang kemurkaan Sang Maha Kuasa. Orang nomor satu di Riau ini tidak menginginkan hal itu terjadi. Apalagi, telah banyak contoh dimana-mana dengan bencana yang terus menerus terjadi.

"Kalau ada perbuatan maksiat disuatu daerah, pasti dikutuk oleh Allah. Jangan sampai terjadi di negeri kita ini. Kita ingin menyelamatkan negeri Riau dan generasi muda kita," imbuh Gubri, H Syamsuar.*

Penulis: Redaksi

Editor: Rezi AP


Tag:Berita RiauDinkes RiauHIV/AidsHIV Aids