Pekanbaru

6 Wisata Pekanbaru Yang Patut Dikunjungi

Redaksi Redaksi
6 Wisata Pekanbaru Yang Patut Dikunjungi
Net/Ilustrasi

Masjid Agung An-Nur

RIAUPEMBARUAN.COM -Pekanbaru adalah ibu kota dan menjadi kota terbesar di Provinsi Riau. Kota yang memiliki julukan Kota Madani ini menyuguhkan banyak tempat wisata yang sangat menarik. Berikut tempat wisata Pekanbaru yang wajib dikunjungi.

Dikutip dari portal resmi Pemerintah Provinsi Riau riau.go.id, nama Pekanbaru dahulunya dikenal dengan nama 'Senapelan' yang pada saat itu dipimpin oleh seorang kepala suku disebut Batin.

Inilah beberapa tempat wisata Pekanbaru yang wajib dikunjungi para turis.

1. Bukit Kapur Air Hitam

Lokasi: Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau.

Bukit Kapur Air Hitam yang memiliki pemandangan yang sangat menawan ini salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang wajib banget untuk dikunjungi.
Meski memiliki nama Bukit Kapur Air Hitam, bukan berarti bukit kapur ini berwarna hitam. Dinamai Bukit Kapur Hitam, karena lokasinya berada di wilayah air hitam.

2. Danau Bandar Khayangan

Lokasi: Jln. Pramuka / Jl. Lingkar Danau Buatan, Desa Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau.

Dikutip dari situs pariwisata.riau.go.id, Danau Bandar Khayangan Lembah Sari merupakan salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang bernuansa alami.

Tujuan wisata yang satu ini berlokasi di Kecamatan Rumbai. Awalnya danau ini adalah bendungan irigasi yang terletak kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota.

Pemandangan alam sekitar Danau Khayangan Lembah Sari cukup indah dengan embusan angin yang menyejukkan dari arah perbukitan.

Awalnya danau ini adalah bendungan yang dibangun untuk tujuan pengairan daerah sekitarnya. Karena pemandangannya yang indah perbukitan dan pohon-pohon tinggi yang menjulang membuat kawasan ini dikembangkan sebagai kawasan objek wisata.

3. Rainbow Hills

Lokasi: Jl. Kemping, Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau.
Sesuai dengan namanya Rainbow Hilss, perbukitan di tempat ini benar-benar berwarna-warni seperti pelangi.

Tempat wisata di Pekanbaru yang satu ini sering dibandingkan dengan fenomena alam bukit pelangi di berbagai negara, seperti Zhangye Danxia yang ada di China, Rainbow Mountain di Peru, dan Painted Hills yang ada di Oregon.

4. Masjid Agung An-Nur

Lokasi: Jl. Hangtuah Ujung, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau.

Selain memiliki destinasi wisata alam, Pekanbaru juga memiliki salah satu ikon religi yang dibanggakan masyarakat Riau, yaitu Masjid Agung An-Nur.
Bangunan Masjid Agung An-Nur ini sangat mirip dengan Taj Mahal di India yang masuk ke dalam daftar 10 keajaiban dunia.

Kubah masjid ini dibuat seperti gasing terbalik, yang menggambarkan bahwa gasing adalah permainan anak Melayu.

5. Perpustakaan Soeman HS

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.462, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau.

Perpustakaan Soeman HS ini dapat dikatakan sebagai perpustakaan termegah yang ada di kota Pekanbaru.

Berdasarkan informasi dari situs resmi dipersip.riau.go.id Perpustakaan Soeman HS buka setiap hari. Senin-Rabu (08.00-16.00 WIB), Kamis (08.30-16.30 WIB), Jumat (08.00-16.30 WIB), Sabtu dan Minggu (08.00-15.00 WIB).

6. Taman Wisata Alam Mayang

Lokasi: Jl. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkereng Tim., Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Dikutip dari situs resmi Jendela Informasi Pariwisata Riau, Wisata Alam Mayang Pekanbaru merupakan salah satu wisata rekreasi andalan milik Kota Pekanbaru.

Sama seperti Kebun Raya Bogor dan taman bermain lainnya, wisata Alam Mayang ini selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan atau saat liburan tiba. Wisata Alam Mayang yang berada di pusat Kota Pekanbaru ini banyak menyediakan fasilitas hiburan untuk keluarga.

Itulah deretan tempat wisata Pekanbaru yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat, dan dapat kalian jadikan referensi tujuan tempat wisata saat berada di Pekanbaru.*

Penulis: Redaksi

Editor: Rezi AP


Tag:Berita PekanbaruBerita RiauWisata Pekanbaru