Kuansing

OTT Bupati Kuansing, KPK Amankan 8 Orang Terkait Izin Perkebunan

Redaksi Redaksi
OTT Bupati Kuansing, KPK Amankan 8 Orang Terkait Izin Perkebunan

RIAUPEMBARUAN.COM -Sedikitnya 8 orang diamankan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait perizinan perkebunan di wilayah Kuansing. Diantara 8 orang tersebut salah satunya adalah Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra.

“Informasi yang kami terima, terkait dugaan korupsi penerimaan janji atau hadiah terkait dengan perijinan perkebunan. Perkembangannya akan kami informasikan lebih lanjut,” ujar Jubir KPK, Ali Fikri kepada media, Selasa (19/10/21).

Ali juga membenarkan bahwa Andi Putra yang merupakan orang nomor satu di Kuansing itu turut diamankan pihaknya. Mereka ditangkap pada Senin (18/10/21) kemarin.

“Iya, KPK mengamankan beberapa pihak, sejauh ini ada sekitar 8 orang. Diantaranya benar, Bupati Kuansing, ajudan dan beberapa pihak swasta,” tambahnya.

Saat ini sejumlah orang tadi saat ini tengah menjalani pemeriksaan di Mapolda Riau.

Sedangkan, sejumlah petugas KPK tengah melakukan penggeledahan di Kantor Bupati Kuantan Kuansing di Komplek Perkantoran Pemkab Kuansing di Teluk Kuantan. Giat tersebut dikawal sejumlah petugas polisi dengan beratribut lengkap.

Selain menggeledah ruang kerja Bupati Kuansing Andi Putra, penyidik KPK juga menggeledah rumah pribadi Bupati Andi Putra di Desa Koto, Kuantan Tengah. Sampai saat ini proses penggeledahan masih berlangsung di bawah kawalan ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap.

Bupati Kuansing Andi Putra Diboyong KPK ke Jakarta

Usai menjadi salah satu orang yang diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bupati Kuansing, Andi Putra langsung menjalani pemeriksaan di Mapolda Riau. Ia menjalani pemeriksaan hampir 20 jam yang dilakukan oleh penyidik KPK.

Andi tampak keluar dari ruang pemeriksaan di Sat Tahti Polda Riau sekitar pukul 17.00 wib, Selasa (19/10/21) dan langsung diboyong oleh petugas menuju Jakarta.

Didampingi oleh petugas KPK dan menuju kendaraan petugas KPK, tak sedikitpun suara Andi keluar untuk menjawab pertanyaan dari para awak media yang telah menunggu hasil pemeriksaan tersebut. Ia hanya meminta doa agar kasusnya tersebut cepat selesai.

Sementara, Kuasa Hukum Andi Saputra, Dodi Fernando mengatakan Andi dibawa petugas KPK menuju ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK.

"Langsung dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan lanjutan di gedung KPK," katanya.

Dodi juga tak mau banyak bicara soal OTT yang menjerat Bupati Kuansing tersebut. Ia berdalih pertanyaan itu lebih tepat ditanyakan langsung ke pihak KPK.

Dodi hanya menerangkan bahwa kondisi Andi Saputra dalam keadaan baik dan sehat. " Beliau sehat-sehat saja. Ia diperiksa bersama ajudan, supir, serta ajudannya. Tapi gaya beliau yang di bawa ke Jakarta," tuturnya.*

Penulis: Redaksi

Editor: Suhadi

Sumber: Riauterkini


Tag:KPKKorupsiOTTOTT Bupati KuansingOperasi Tangkap Tangan